Naufal Samudra

Tidak Terbukti Mengonsumsi Narkoba, Naufal Samudra Dibebaskan

Posted on

Penangkapan Naufal Samudra pada Jumat 7/1/2022 atas kasus dugaan mengonsumsi narkoba menjadi catatan pembuka di tahun 2022 untuk kasus penyalahgunaan narkoba di kalangan artis.

Sebelumnya di tahun 2021, deretan artis sudah terlebih dahulu berurusan dengan pihak yang berwajib karena kasus narkoba, diantaranya adalah: Nia Ramadhani dan suaminya Ardi Bakrie, komika Coki Pardede, penyanyi Anji, artis sinetron Jeff Smith, Rizky Nazar, serta Bobby Joseph.

Beruntung Naufal tidak sampai meringkuk di hotel prodeo, karena dalam penggerebegan tidak ditemukan barang bukti dan setelah dilakaukan tes urine dinyatakan negatif. Karena itu, pada Sabtu, 8/1/2022, aktor sinetron ini dibebaskan dan hanya diwajibkan melakukan rehabilitasi di RSKO Cibubur, Jakarta Timur.

Naufal Samudra Dinyatakan Bersih

Penangkapan yang dilakukan Polda Metro Jaya terhadap Naufal Samudra atas kasus dugaan pemakaian narkoba adalah untuk yang kedua kalinya, karena aktor kelahhiran 12 April 1999 ini sebelumnya pernah ditangkap saat mengkonsumsi narkoba jenis ganja sintetis yang dicampur ke dalam cairan untuk vape atau rokok elektrik.

Berbeda dengan kasusnya yang pertama, kali ini dia dibebaskan karena pihak kepolisian tidak menemukan barang bukti serta hasil tes urine dinyatakan negatif.

“Memang sekarang saya posisinya sudah bersih,” ungkapnya sambil menyampaikan terima kasih kepada pihak kepolisian yang telah membebaskannya.

Di hadapan awak media, pemilik nama lengkap Naufal Samudra Weichert ini mengungkapkan bahwa dirinya terakhir kali menggunakan narkotika sekitar tiga bulan yang lalu. Saat ini dirinya sudah lepas dari ketergantungan terhadap narkoba jenis LSD atau ganja sintetis.

Alasan polisi menangkap dirinya, tambah pemeran di sinetron Mermaid in Love ini adalah karena dirinya terindikasi masih memakai narkotika. Indikasi tersebut muncul dari isi percakapan WhatsApp antara dirinya dengan Ridwan seorang bandar narkoba yang sudah terlebih dahulu ditangkap polisi.

Proses Penangkapan

Naufal Samudra ditangkap oleh Direktorat Reserse Narkoba Polda Metro Jaya, pada hari Jumat, 7/1/2022 di rumahnya, di kawasan Ragunan, Pasar Minggu, Jakarta Selatan. Saat itu dia baru selesai menjalankan shalat Jumat dan sedang menemui kekasihnya yang juga aktris sinetron Dinda Kirana.

Usai penangkapan, Wakil Direktur Reserse Narkoba Polda Metro Jaya Ajun Komisaris Besar Donny Alexander menyampaikan bahwa saat penangkapan polisi tidak menemukan barang bukti narkoba. Saat itu Naufal langsung dibawa ke Polda Metro Jaya untuk dilakukan tes urine. Penangkapan tersebut merupakan hasil pengembangan kasus yang lebih dulu diungkap.

Donny juga menambahkan, saat dilakukan penangkapan Naufal sedang bersama Dinda Kirana. Hanya saja kekasih Naufal tersebut tidak ikut dibawa ke Polda Metro Jaya. “Ada di lokasi. Tidak diamankan, ya,” terangnya.

Proses penangkapan yang membuat Naufal dijerat dengan Pasal 114 ayat 1 subsider Pasal 112 ayat 1 Undang-Undang Nomor 35 Tahun 2009 Tentang Narkotika, dipaparkan Dinda Kirana lewat akun Instagramnya @dindakirana pada hari yang sama.

“Sepulang kamu Jumatan tadi, itu waktu yang berat buat kita. Aku tahu kamu selalu berusaha jadi sosok yang jauh lebih baik setiap harinya. Aku mengenal kamu sangat baik, dan aku selalu bangga sama kamu, sayangku. Doa yang terbaik dari keluarga besar menyertai kamu. I love you Puffy, forever n’ eve,” tulis Dinda.

Sedang ibu Naufal, Lenny Ratnasari Weichert melalui Instagram mengunggah foto dirinya bersama Naufal sambil menuliskan kata-kata untuk menguatkan sang anak.

“Catatan Jumat. Perjalanan antara Yogya – Jakarta. Seperti biasa seorang ibu tentunya akan mengingatkan dia tuk salat jumat, jam sekembalinya pulang dari salat mendapat kabar yang membuat aku harus mensupport dan mendampingi semaksimal mungkin secara komunikasi dan video calla karena masih dalam perjalanan, maafkan kami tidak ada di sampingmu secara fisik, tapi kamu tahu kami mencintaimu, Nak dan kami tidak pernah membiarkan kamu sendirian. Kami selalu mencintaimu.

Jalani Rehabilitasi

Kini terbukti Naufal Samudra dinyatakan bersih dan menurut pengakuannya sudah lepas dari ketergantungan terhadap narkoba, sehingga pihak kepolisianpun melepaskannya dari jerat hukum. Namun masih ada satu kewajiban yang harus dijalani aktor sinetron ini yaitu rehabilitasi.

Mendengar keputusan dari pihak kepolisian, Ibunda Naufal memperbarui unggahannya di Instagram dengan mengedit atau menambahkan keterangan unggahan.

“Sabtu siang. Di Polda konferensi pers. Alhamdulillah, anak aku bersih,” tulis Lenny.

Sehari setelah dinyatakan bebas, Naufal Samudra menjalani rehabilitasi di RSKO Cibubur, Jakarta Timur.

Dinda Kirana yang berkesempatan menjenguk di Panti Rehabilitasi, menuliskannya di akun Instagram pada Minggu, 9/1/2022.

Temuin Naufal sebentar di tempat rehab tadi,” tulis Dinda Kirana.

Pemeran sinetron Kepompong ini dalam tulisannya juga menanyakan: kenapa pacarnya masih harus menjalani rehabilitasi padahal saat penangkapan tidak ditemukan barang bukti dan saat dilakukan tes urine hasilnya dinyatakan negatif.

Semuanya sudah tahu kamu bersih. Kalau ada yang tanya, ‘Urine negative, enggak ada barang bukti ngapain dimasukin rehab?’ Pertanyaan yang sama dari kami pihak keluarga. Tapi jawaban apa pun enggak masuk logika sederhana,” tulisnya.

Saat ini Dinda Kirana hanya bisa berharap, Naufal Samudra dapat segera dipulangkan agar dapat menjalankan kembali aktivitasnya seperti biasa. (*)