All of Us Are Dead

Terinspirasi Dari Komik, Ini Dia Perbedaan ‘All of Us Are Dead’ Versi Drama dan Webtoonya!

Posted on

Drakor TerbaruSerial terbaru garapan Netflix, ‘All of Us Are Dead’ yang dirilis pada tanggal 28 Januari 2022 mengundang banyak perhatian dari masyarakat seluruh dunia.

Serial ini diketahui terinspirasi dari webtoon Naver yang berjudul ‘Now at Our School’ karangan Joo Dong Geun. Webtoon ini diterbitkan sekitar tahun 2009 sampai 2011.

Sutradara ‘All of Us Are Dead’ berkata bahwa ia berusaha untuk tetap menyamakan alur webtoon dengan dramanya. Tetapi, ternyata ada perbedaan yang menarik untuk dibahas. Apa saja ya?

Sumber Virus Zombie Agak Dibedakan di All of Us Are Dead

Screen Shot 2022 01 03 at 8.43.24 AM

Sumber virus zombie sama-sama menyebar di seluruh dunia karena guru sains Lee Byeong Chan. Dalam dramanya, Byeong Chan membuat virus ini untuk menolong putranya, Jin Su agar punya kemampuan untuk melawan para preman yang merundungnya.

Byeong Chan lalu diselidiki polisi, meskipun akhirnya dia juga menjadi zombie.

Tetapi, dalam webtoonya, asal muasal virus itu adalah ketika Byeong Chan dan Jin Su memancing ikan. Lalu tiba-tiba saja Jin Su tertular virus zombie esok harinya.

Baca juga:  Tipe Ideal Son Ye Jin Dibahas Lagi Setelah Pengumuman Pernikahannya Dengan Hyun Bin

Di webtoon, Jin Su tidak ditindas seperti yang diceritakan dalam drama. Dia adalah anak yang hidupnya normal-normal saja.

Akhir Byeong Chan dalam webtoonnya lebih tragis karena dia memilih untuk bunuh diri saat masih diperiksa oleh polisi.

Karakter Choi Nam Ra All of Us Are Dead Yang Berbeda 180 Derajat

4 Fakta All of Us Are Dead, Drakor Zombie Terbaru yang Bikin Mencekam -  MataMata.com

Dalam dramanya, Choi Nam Ra (Cho Yi Hyun) adalah ketua kelas yang berwatak dingin dan selalu berekspresi datar. Pada awalnya, dia tidak mau berosialisasi dengan teman-temannya dan suka menyendiri. Tetapi saat wabah zombie menyebar, dia mulai berubah sifat.

Padahal di versi webtoon, Choi Nam Ra adalah ketua kelas yang lebih friendly. Dia suka mengobrol dengan teman-teman di sekolah. Dia juga orang yang pedulian, contohnya saat murid-murid membicarakan guru sains yang bau, Nam Ra menegur teman-teman agar tidak menjelek-jelekkan guru itu.

Dalam webtoon, Nam Ra juga tidak terinfeksi zombie karena digigit Gwi Nam, melainkan karena diserang zombie lain.

Rumor Soal Guru Sains Yang Berbeda

Di versi drama, para murid mulai membicarakan gosip soal guru Byeong Chan setelah Hyeon Ju melarikan diri dari laboratoriumnya. Mereka menggosip kalau mungkin Jin Su bunuh diri karena penindasan yang diterimanya. Karena salah satu penindasnya adalah Hyeon Ju, murid-murid mengira Byeong Chan ingin membalas dendam.

Baca juga:  Gara-Gara Restoran Tteokbokkinya Didatangi Kim Seon Ho, Pemilik Protes Karena Ini

Di webtoon, gosipnya lebih mengerikan. Para murid menggosip kalau guru Byeong Chan adalah kanibal karena anak dan istrinya menghilang.

Proses Hyeon Ju Menjadi Zombie Yang Berbeda

Dalam dramanya All of Us Are Dead, Hyeon Ju terinfeksi virus setelah digigit seekor tikus. Kemudian ia disekap oleh guru Byeong Chan di laboratorium dan disuntik oleh cairan yang aneh.

Setelah itu, Hyeon Ju jadi susah berkata-kata. Barulah tidak lama kemudian, ia berubah menjadi zombie dan menyerang orang-orang.

Di versi webtoon, proses menjadi zombie berlangsung lebih lambat. Hyeon Ju masih bisa menceritakan soal Byeong Chan yang menyekapnya di laboratorium kepada Bu guru dan teman-temannya.

Dalam webtoon-nya, Hyeon Ju juga tidak hanya digigit oleh seekor tikus, tapi tiga. Byeong Chan juga tidak menyuntiknya dengan cairan aneh, melainkan mengambil sampel darahnya saja. Hyeon Ju lalu mulai menjadi zombie dalam perjalanannya dibawa ke rumah sakit.

Chermistry Antara Su Hyeok dan Nam Ra

Nah, mungkin orang-orang penasaran bagaimana hubungan Nam Ra dan Su Hyeok dalam webtoonnya.

Dalam All of Us Are Dead, Nam Ra dan Su Hyeok diceritakan saling menyukai. Meskipun sifat keduanya berbeda, namun mereka saling melengkapi. Su Hyeok adalah seorang anak yang ceria, sementara Nam Ra adalah anak yang jutek.

Berbeda dengan dramanya, dalam versi webtoon tidak ada romansa diantara kedua tokoh ini. Mereka hanyalah sahabat baik.

Baca juga:  Pendapat Bae Doona Tentang The Silent Sea yang Sempat Mendapat Ulasan Buruk

Satu-satunya pasangan yang terlihat memiliki romansa hanya On Jo dan Cheong San.

Akhir Cerita Yang Berbeda Drastis

Mungkin ini akan jadi spoiler bagi yang belum menonton dramanya sampai selesai.

Dalam All of Us Are Dead, Nam Ra memilih berpisah dengan teman-temannya karena dirinya merupakan manusia setengah zombie. Dia kemudian harus berjuang menghindari militer Korea, tetapi dia masih sempat bertemu teman-temannya sebentar di penutup episode.

Di webtoon ternyata akhirnya lebih bahagia. Nam Ra memang berpisah juga dengan teman-temannya, tetapi kemudian dia kembali dan diperiksa di Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit. Setelah itu, dia masih bisa hidup berdampingan dengan teman-temannya yang lain.