Jerinx

Sidang Jerinx Digelar Lagi, Begini Putusan Sela Dari Majelis Hakim

Posted on

Kabar Artis Hot – Sidang terkait kasus ancaman Jerinx dari grup Superman Is Dead (SID) kepada Adam Deni kembali dilaksanakan di Pengadilan Negeri Jakarta Pusat, pada tanggal 5 Januari 2022.

Dalam sidang kali ini, diperkirakan akan muncul putusan sela oleh pihak majelis hakim.

“Benar, ada sidang putusan sela pada jam 10 pagi di ruangan pertama.” ujar Sugeng Teguh Santoso selaku pengacara dari Jerinx SID ketika ditanyai oleh awak media.

Putusan sela yang diberikan oleh majelis hakim ini kedepannya akan menjadi penentu kelanjutan dari masalah Jerinx SID dan Adam Deni. Disini akan ditentukan apakah akan dilakukan pemeriksaan saksi-saksi atau perkaranya akan diselesaikan.

Sebelumnya, Sugeng Teguh Santoso berkata jika sidang ini diputuskan akan diteruskan, ia berharap permintaan penanggungan penahanan Jerinx SID dapat dikabulkan.

Sugeng juga mengungkap bahwa ia berharap masalah ini cepat diselesaikan.

“Harapan kita adalah agar masalahnya segera diberhentikan. Karena pertama, alat bukti illegal. Itu yang jelas. Kalaupun masalah ini harus lanjut, saya berharap Jerinx tidak ditahan.” kata Sugeng Teguh Santoso.

Selain itu, Sugeng juga memberitahu jika sidang nanti dilanjutkan, maka Jerinx akan hadir secara langsung dalam sidang kasus tersebut.

“Sidang Jerinx berikutnya nggak akan dilakukan secara online, tapi offline.” sambung Sugeng Teguh Santoso.

Baca juga:  Kasus Adam Deni Diusut Lagi : “Dia Minta Uang 15 Milyar untuk Cabut Laporan”

Sebelumnya diketahui bahwa Adam Deni mempolisikan JRX SID di Polda Metro Jaya pada tanggal 10 Juli 2021 lalu.

Jerinx SID lalu menjadi terdakwa atas tuduhan pengancaman melalui media sosial. Jerinx SID emosi kepada Adam Deni karena akun Instagramnya dihilangkan.

Adam Deni lalu melaporkan bahwa ia merasa terancam setelah hidupnya diusik oleh Jerinx SID. Ia berkata bahwa tidak hanya ancaman yang diberikan oleh JRX SID, tetapi juga hinaan dan caci maki.

Jerinx SID kemudian didakwa melanggar pasal-pasal yang terkandung dalam UU ITE serta terancam hukuman penjara 6 tahun.

Putusan Sela Dari Hakim

Fakta Lengkap Jerinx Divonis 14 Bulan, Peluk Ibu Sebelum Sidang hingga  Tangisan Kerabat Usai Putusan Halaman all - Kompas.com

Dalam sidang ini, majelis hakim memberitahukan putusan sela mengenai eksepsi yang disampaikan JRX SID melalui pengacaranya, Sugeng Teguh Santoso.

Majelis hakim menolak eksepsi yang diberikan tersebut.

“Pertama menyatakan keberatan yang disampaikan oleh kuasa hukum terdakwa tidak dapat dikabulkan.” ucap Surachmat selaku hakim ketua di sidang Pengadilan Negeri Pusat.

Oleh karena itu, dengan ditolaknya nota keberatan tersebut, maka majelis hakim memutuskan bahwa Jaksa Penuntut Umum (JPU) harus melanjutkan sidang kasus Jerinx SID.

Baca juga:  Kasus Adam Deni Diusut Lagi : “Dia Minta Uang 15 Milyar untuk Cabut Laporan”

“Kedua meminta Jaksa Penuntut Umum untuk menindaklanjuti pemeriksaan perkara untuk terdakwa I Gede Ari Astina atau Jerinx SID.” sambung majelis hakim.

Kemudian dalam putusan sela ini, Hakim memberikan pertimbangan bahwa eksepsi yang telah dilayangkan terdakwa dan kuasa hukumnya dicap telah masuk dalam materi pokok dakwaan yang baru dapat direspon setelah dilakukan pemeriksaan.

“Alasan keberatan tersebut baru bisa dipertimbangkan oleh majelis hakim jika pemeriksaan sudah dituntaskan.” pungkas hakim.

Permohonan Offline Jerinx Dikabulkan

Permohonan dari JRX SID mengenai rencananya untuk hadir di sidang secara offline atau langsung dilkabulkan oleh majelis hakim pada putusan sela.

Suami dari Nora Alexandra ini memang sebelumnya berharap ia dapat hadir langsung dalam persidangan agar dapat memaparkan kesaksian dengan lebih lengkap.

“Permohonan dari penasehat hukum mengenai persidangan secara tatap muka sudah kami diskusikan. Kemudian kami memutuskan bahwa sidang dapat dilaksanakan secara tatap muka untuk memberikan kesempatan terdakwa mendengarkan secara jelas tanpa adanya kendala komunikasi secara virtual.” terang Surachmat selaku majelis hakim.

Sugeng Teguh Santoso selaku kuasa hukum JRX SID pun berterima kasih kepada majelis hakim atas dikabulkannya permohonan ini.

“Terima kasih majelis hakim untuk mengabulkan permohonan persidangan tatap muka.” ucap Sugeng Teguh Santoso.

Baca juga:  Kasus Adam Deni Diusut Lagi : “Dia Minta Uang 15 Milyar untuk Cabut Laporan”

Diketahui bahwa sampai saat ini, drummer dari grup Superman Is Dead (SID) itu masih harus hadir secara online dalam persidangan.

Di pihak JRX SID, sidangnya dilakukan dari rumah tahanan Polda Metro Jaya.

Majelis hakim lalu meminta Jaksa Penuntut Umum (JPU) untuk bisa menghadirkan Jerinx SID pada persidangan selanjutnya.

“Demikianlan putusan sela yang kami sampaikan. Keputusan dihasilkan berdasarkan yang telah kami katakan tadi bahwa persidangan ini akan tetap dilanjutkan. Berhubungan dengan keputusan ini dari penasehat hukum, apabila ada suatu keberatan maka bisa disampaikan dalam putusan akhir.” kata majelis hakim sebagai penutup dari putusan sela tersebut.