Pesan Terakhir Dorce

Pesan Terakhir Dorce Sebelum Meninggal Dunia

Posted on

Pesan terakhir Dorce disampaikan melalui channel YouTube CURHAT BANG Denny Sumargo pada 23 Januari 2022.

Mendengar Dorce Gamalama menyampaikan pesan terakhirnya sebelum meninggal, banyak yang merasa khawatir umur presenter, komedian dan juga penyanyi ini tidak akan lama.

Pasalnya, saat ini dia menderita komplikasi sejumlah penyakit, yaitu diabetes, jantung, ginjal dan saraf dalam bentuk demensia alzheimer.

Selain itu, entah kebetulan atau tidak, sebelumnya ada 4 selebritis yang meninggal dunia tidak lama setelah menjadi bintang tamu pada program podcast milik Denny Sumargo tersebut. Mereka adalah Vanessa Angel dan Bibi Ardiansyah, Mbak You serta Laura Anna.

Pesan Terakhir Dorce

Dalam percakapan di channel YouTube tersebut, awalnya Densu, panggilan akrab dari Denny Sumargo bertanya tentang kondisi kesehatan Dorce.

Pertanyaan tersebut dijawab dengan menjelaskan kondisi kakinya yang lumpuh sampai dengan penyebab awal dia sakit yakni terjatuh di kamar mandi karena menderita gula darah yang tinggi.

Setelah perbincangan berlangsung selama 06.09 detik, Densu melontarkan pertanyaan tentang kemungkinan terburuk dari penyakit yang diderita Dorce.

“Bunda telah berpikir …. maaf ya  Bunda ya …berpikir hal yang buruk belum, maksudnya kalau dengan usaha Bunda ini tapi harus tetap keadaannya seperti ini.”

Baca juga:  Digugat Oleh Mantan Manajernya, Denny Sumargo Rela Bayar Mahal Asal Orang Itu Dipenjara

Pertanyaan tersebut langsung dijawab dengan cepat oleh artis yang memiliki nama asli Dorce Ashadi ini. Bahkan disampaikan pula pesan terakhir Dorce.

“Iya, pasti. Saya sudah berpesan pada anak-anak, “Mama jangan kamu sakiti. Umur mama nggak panjang lagi.”

Perbincanganpun berlanjut mulai dari bantuan yang diberikan rekan-rekan artis dan pejabat sampai dengan perjalanan hidup Dorce mulai dari kecil hingga sukses menjadi seorang entertainer.

Sebagaimana diketahui bersama, Dorce Gamalama adalah seorang transgender. Dia melakukan transisi gender alias operasi ganti kelamin pada tahun 1988 di Rumah Sakit Dr. Soetomo Surabaya dengan ditangani seorang dokter ahli bedah plastik bernama Prof. Dr. Johan Marzuki.

Keberadaan Dorce sebagai seorang transgender itulah yang selanjutnya ditanyakan oleh Denny Sumargo dengan setengah memberanikan diri.

“Ini ada satu pertanyaan tapi agak kontroversi, Bunda kalau tidak mau menjawab, jangan dijawab.”

“Boleh,” jawab Dorce tanpa ragu.

“Bunda kalau nanti akhirnya berpulang, kita tidak tahu waktunya kapan, Bunda ingin meninggal dunia sebagai apa?”

“Sebagai diri saya yang sekarang, sebab saya after operation. Saya seorang perempuan. Saya memiliki kelamin perempuan. Mandikan saya menggunakan pakaian perempuan. Perlakukan saya sebagai seorang perempuan,” jawabnya seolah menjadi pesan terakhir Dorce.

Baca juga:  Idap Penyakit Demensia Alzheimer, Begini Gejala dan Kondisi Bunda Dorce Sekarang

Melanjutkan pembicaraan tentang maut yang sewaktu-waktu akan datang, artis yang lahir di Solok, 21 Juli 1963 ini menjelaskan jika dirinya telah siap menghadapi kematian dan juga telah mempersiapkan sarana untuk menyambut kematian tersebut.

Menurutnya, dia sudah menyiapkan tanah makam untuk dirinya sendiri yang berlokasi di rumahnya yang ada di Lubang Buaya, Jakarta Timur. Bahkan dia juga sudah mempersiapkan kain kafan untuk dirinya.

“Saya memiliki kain kafan sendiri. Saya memiliki kuburan sendiri. Semua sudah disiapkan di rumah yang di Lubang Buaya, di sebelah masjid,” itulah pesan terakhir Dorce yang dia sampaikan kepada Densu dan juga kepada keluarganya.

Bantuan dari Megawati

Dalam perbincangannya dengan Densu, Dorce mengungkapkan kalau dirinya mendapat bantuan dari Presiden ke-5 RI, Megawati Soekarnoputri sebesar Rp.150 juta, sedang dari Presiden Joko Widodo sebesar Rp. 200 juta.

Bantuan dari Megawati tersebut diberikan setelah sebelumnya Dorce mengunggah video melalui akun Instagramnya yang berisi permintaan bantuan untuk pengobatan dirinya kepada Megawati atau stafnya.

Setelah mendapat bantuan dari Megawati, dia kembali mengunggah video ucapan terima kasih kepada Megawati melalui Instagram pada 20/1/2022.

“Kepada Ibu Megawati yang memberi sumbangan pada saya, mudah-mudahan Allah melimpahkan rahmat dan kasih sayang-Nya. Semoga ibu selalu diberi kesehatan, diberi panjang umur dan diberkahi dalam keadaan sehat wal afiat.”

Baca juga:  Begini Reaksi Duka Para Artis Yang Mendengar Kabar Dorce Gamalama Meninggal Dunia

Sebelum Megawati, bantuan kepada Dorce juga telah diberikan oleh Presiden Joko Widodo dan Menteri BUMN Erick Thohir yang memberikan bantuan berupa pengobatan gratis hingga sembuh di Rumah Sakit Pusat Pertamina (RSPP), Jakarta Selatan.

Tidak hanya itu, sejumlah artis juga telah datang berkunjung sekaligus memberikan bantuan, diantaranya adalah komedian Sule dan Ruben Onsu.

Meski pesan terakhir Dorce sebelum meninggal dunia sudah dia paparkan lewat channel YouTube Denny Sumargo, tentunya kita berharap artis ini diberi umur panjang dan diberi kesembuhan agar dapat kembali meramaikan dunia entertainment di Indonesia. (*)