Choi Jong Hoon
Choi Jong Hoon

Anggap Pemerkosaan Bukan Masalah Besar, Ibu Choi Jong Hoon Kena Kritik Netter

Posted on

Info Kpop – Sebuah video dirilis The Fact pada 9 Januari 2022 yang menampilkan tayangan artis Choi Jong Hoon mantan personel group K-POP FT Island yang tengah menghadiri kebaktian gereja bersama sang ibu. Namun sontak Pernyataan yang dikeluarkan sang ibu tuai kritikan publik. Eomma dari Choi Jong Hoon blak-blakan membela anaknya dari pertanyaan sensitif perihal kasus pemerkosaan yang pernah menjerat anaknya.

Reporter yang meliput menanyakan bagaimana tanggapan beliau atas kasus anaknya setelah 3 tahun berlalu. Sontak pertanyaan tersebut membuat sang ibu kaget, tapi jawaban sang ibu lebih membuat para netter kaget.

Sang ibu menilai kasus yang menimpa anaknya beberapa tahun silam bukan masalah besar.Ibunda Choi Jong Hoon bahkan sempat sedikit berteriak tentang “ketidakadilan” yang didapat sang anak dan mengatakan, “Tuhan akan mengurus semuanya.”

Tersandung Kasus Burning Sun dan Tindak Pemerkosaan, Choi Jong Hoon Sempat Masuk Bui

5c89132f3b82b choi jong hoon ft island 1265 711

Sebelumnya diketahu Choi Jong Hoon mengakui keterlibatannya dalam skandal Burning Sun yang terungkap di tahun 2019. Saat itu mantan leader F.T. Island ini masuk dalam salah satu nama yg ada di grup chat KakaoTalk yang diketuai Jung Joon Young.

Choi Jong Hoon ditangkap karena dinyatakan bersalah telah membagikan foto dan video eksplisit atas dua wanita yang direkam tanpa persetujuan di grup chat KakaoTalk. Dalam pesan grup ini kemudian kerkuak bagaimana partisipasi Jong Hoon pada dua kasus pemerkosaan bergilir yang berbeda dengan dua korban yang berbeda pula.

Choi Jong Hoon kemudian dijatuhi hukuman 5 tahun penjara,  dengan pengurangan masa tahanan 3 tahun hingga menjadi 2 tahun. Kong Hoon baru dibebaskan dari bui pada November 2021 silam. Sejak dibebaskan dari Jong Hoon memilih menghilang dari sorotan publik sampai video ekslusif ini ditayangkan The Fact.

Dalam video yang dipublish media online Korea Selatan The Fact, Choi Jong Hoon terlihat menghadiri kebaktian gereja bersama ibunya pada 9 Januari 2022. Selesai jalani kebaktian gereja, ia dan ibunya mendadak didatangi reporter The Fact yang menanyakan tanggapan mereka atas kasus pemerkosaan yang menyeret Jong Hoon tahun 2029.

Akan tetapi, ketika melihat dirinya diberondong wartawan Choi Jong Hoon memilih bungkam tidak menjawab dan dengan hormat menolak diwawancarai.

Respon berbeda datang dari sang ibu. Ibu Jong Hoon terlihat kesal dan marah-marah, dengan berkata, “Kenapa kamu menanyakan hal seperti itu? Itu bahkan bukan masalah besar (mendorong reporter) dan kamu membuat keributan tentang itu. Tuhan akan menghukummu,”ucapnya dengan nada marah. Dikutip dari Koreaboo, pada kesempatan tersebut, beberapa reporter sempat melontarkan pertanyaan sebagai berikut:

Reporter The Fact: “Sudah 2 bulan sejak Anda dibebaskan [dari penjara], bagaimana kabar Anda?”

Choi Jong Hoon: “Mengapa kamu melakukan ini (merekam)”

Reporter The Fact: “Saya tahu bahwa Anda keluar dari grup Anda, tetapi apakah Anda memiliki rencana untuk kembali ke dunia hiburan?”

Choi Jong Hoon: “Maaf.”

Reporter The Fact: “Saya mendengar bahwa Anda sering menghadiri gereja. Sejak kapan dan mengapa Anda mulai hadir?”

Choi Jong Hoon: “Bagaimana kamu tahu aku ada di sini? Siapa yang bilang aku ada di sini? Apakah orang-orang gereja telah memberi tahu orang lain tentang keberadaan saya?”

Ibu dari Choi Jong Hoon itu terus merespons secara fisik dengan mendorong juru kamera dan kameranya menjauh tak menyorot dan menyodori pertanyaan pada putranya. Saat video ini dirilis dan mulai beredar di berbagai komunitas online, para netter dengan cepat mulai melempar kritik atas sikap ibu Choi Jong Hoon.

Aku bisa tahu persis seperti apa karakter mereka melalui video,” komentar netizen. “Sepertinya tidak ada perbaikan moral selama dia di penjara,” tambah netizen lain.

“Itu bahkan bukan masalah besar? Ibunya sama saja,” tulis seorang netter.

 “Rekan-rekan seiman harus menghajar orang-orang seperti ini, karena pada akhirnya, mereka merusak citra gereja. Aku benci orang yang melakukan kesalahan tetapi selalu menggunakan pengampunan Tuhan sebagai alasan,” timpal yang lain.

Bahkan ada netter yang tak segan melontarkan kritik tajam seperti, “Jadi, apakah Tuhan memerintahkanmu untuk berpartisipasi dalam pemerkosaan bergilir? Sang ibu membesarkannya untuk berpikir bahwa kejahatan ini ‘bukan masalah besar,’ itulah sebabnya putranya berakhir di penjara setelah melakukan kejahatan seperti itu,” .