Olivia Nathania

Olivia Nathania Terancam Vonis Penjara 4 Tahun

Posted on

Gosip Terkini – Diketahui bahwa anak Nia Daniaty, Olivia Nathania terancam vonis penjara selama 4 tahun karena kasus yang dilakukannya.

Diketahui Olivia Nathania terlibat dalam kasus penipuan yang membawa-bawa nama CPNS.

Olivia Nathania Didakwa Oleh Jaksa

putri nia daniaty baru 8 bulan menikah kini jadi tersangka

Vonis tersebut dilayangkan oleh Jaksa Penuntut Umum yang ada di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan pada tanggal 26 Januari 2022.

Jaksa Penuntut Umum telah mendakwa Olivia bersalah atas kasus penipuan, pemalsuan, dan juga penggelapan surat-surat yang memakai kedok CPNS.

Setelah persidangan berakhir, Jaksa Penuntut Umum Pratiwi Kusuma Rahayu berkata bahwa Olivia Nathania sudah melanggar sejumlah pasal yang ada.

“Olivia Nathania telah melanggar pasal 263 Jo pasal 65, dan yang kedua adalah pasal 378 Jo pasal 65, serta yang terakhir pasal 372 Jo pasal 65.” ucap Jaksa Penuntut Umum Pratiwi Kusuma Rahayu.

Sebelumnya diketahui dua orang bernama Karnu dan Agustin menyampaikan laporan terkait perbuatan Olivia dan Rafly Noviyanto Tilaar, suaminya ke Polda Metro Jaya pada tanggal 23 September 2021 lalu.

Laporan itu tercatat dengan nomor LP/B/4728/IX/SPKT/Polda Metro Jaya, dan dikenai Pasal 372 atau Pasal 378, Pasal 263 KUHP Mengenai Penipuan, Penggelapan, dan Pemalsuan Surat.

Baca juga:  Dikira Netizen Ngelabrak? Chandrika Chika Sempat Beritahu Fuji Statusnya Dengan Thariq Halilintar

Korban dari kejadian itu telah tercatat mencapai angka 225 orang, serta memakan kerugian 9,7 miliar rupiah.

Karena hal ini, pihak kepolisian Polda Metro Jaya menangkap Olivia dan mencapnya sebagai tersangka. Putri dari Nia Daniaty itu ditahan dan harus menunggu dirinya disidangkan.

Kesaksian Pengacara Olivia Nathania

Andy Mulya Siregar selaku pengacara dari Olivia sempat angkat bicara mengenai hukuman yang dijatuhkan pengadilan kepada kliennya.

“Ancaman hukuman minimal selama 4 tahun, sekiranya di atas 5 tahun lah.” ujar Andy Mulya Siregar ketika ditemui awak media seusai persidangan Olivia.

Andy Siregar menyebut dirinya tidak ingin banyak bicara. Ia menganggap ancaman vonis 4 tahun penjara kepada Olivia itu merupakan hal yang biasa.

“Itu cuma ancaman, jadi biasa saja. Kan baru diancam.” kata Andy Mulya Siregar.

Andy Mulya Siregar juga membahas mengenai kasus dari kliennya. Menurut Andy Mulya Siregar, Olivia Nathania tidak sepenuhnya bersalah dalam dugaan kasus penipuan, pemalsuan, dan penggelapan surat yang memakai kedok CPNS.

“Begini, Olivia Nathania itu bukan berarti sama sekali tidak bersalah. Kesalahannya ada, tetapi semuanya jangan dilimpahkan kepada dia. Mari kita lihat dulu ke depannya ya.” terang Andy Mulya Siregar.

Baca juga:  Rizky Billar Tetap Bersyukur, Lesti Kejora Melahirkan Lebih Awal!

Fakta Persidangan Berlangsung

Sidang mengenai kasus Olivia Nathania digelar pada tanggal 26 Januari 2022. Sidang yang dijadwalkan akan membahas pembacaan dakwaan dari Jaksa Penuntut Umum itu dimulai sejak pukul 13:00 WIB di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan.

Dalam persidangan ini, Olivia tidak hadir secara langsung, melainkan secara online. Ia memakai kemeja berwarna putih.

Sekarang ini, ia masih mendekam di rutan Polda Metro Jaya.

Sebelum persidangan dimulai, Jaksa Penuntut Umum bertanya mengenai kondisi dari Olivia Nathania.

“Hari ini saya sehat.” kata Olivia Nathania ketika menanggapi pertanyaan Jaksa Penuntut Umum.

Olivia terlihat santai ketika mengikuti proses persidangan, meskipun dirinya masih menggunakan aplikasi Zoom Meeting.

Pengacara Olivia Bilang Kasus Ini Ada Kaitannya Dengan Guru SMA-nya

Andy Mulya Siregar berkata kasus ini dapat terjadi karena sang pelapor turut ambil bagian.

Diketahui bahwa salah satu pelapor adalah Agustin. Dikatakan bahwa Agustin merupakan mantan guru SMA dari Olivia Nathania dan juga pelapor. Agustin mengaku bahwa dirinya merupakan salah satu korban dari penipuan yang dilakukan Olivia Nathania.

Andy Mulya Siregar berkata tanpa Agustin, penipuan ini tidak akan berjalan lancar.

“Semuanya ada kesalahan, tapi bukan berarti semuanya adalah salah Olivia Nathania. Disini ada peran dari Ibu Agustin. Dia yang menyebarkan kemana-mana dan memberikan informasi.” kata Andry Mulya Siregar.

Baca juga:  Quwenjojo Bahas Lagi Soal Tuduhan Pelecehan Seksual Gofar Hilman, Ternyata Tidak Benar

Tanggapan Dari Korban Mengenai Persidangan

Korban dari Olivia juga hadir dalam persidangan yang digelar pada tanggal 26 Januari 2022 ini.

Orang tersebut adalah Keanu yang juga melaporkan kasus Olivia Nathania ke kepolisian beberapa waktu lalu. Di persidangan ini ia ditemani oleh kuasa hukumnya, Desi Hadi Saputri.

Mengenai ancaman hukuman yang dijatuhkan kepada Olivia Nathania, Keanu masih tidak mau memberikan komentar. Mereka hanya ingin mengikuti prosedur hukum yang berlaku.

Tetapi, Desi Hadi Saputri sempat menanggapi perihal Andy Mulya yang mengatakan bahwa Agustin juga merupakan orang yang bersalah.

“Harusnya setelah P21 sudah tetutup dan dibuktikan oleh pihak polisi. Proses BAP sudah panjang, polisi juga tidak mungkin gegabah.” ujar Desi Hadi Saputri.