Medina Zein

Jadi Tersangka, Medina Zein Terancam 4 Tahun Penjara

Posted on

Laporan kasus dugaan pencemaran nama baik yang dilakukan Marrisya Icha membuat Medina Zein akhirnya resmi ditetapkan sebagai tersangka.

Sebagaimana diketahui, kasus tersebut bermula dari perang kata di media sosial Instagram. Awalnya sahabat Vanessa Angel, Marissya menyebut Medina telah menjual tas palsu kepada dirinya. Karena itu dia meminta uangnya dikembalikan.

Tidak terima dengan apa yang ditulis Marissya, Medina pun membalas dengan kalimat yang bagi pihak Marissya merupakan suatu penghinaan. Karena dalam unggahan Medina, Marissya disebut germo dan ani-ani.

Itu sebabnya, sejak 5 September 2021 Medina Zein dilaporkan oleh pihak Marissya dan dituntut dengan Pasal 310 dan 311 KUHP dan atau Pasal 27 Ayat 3 Undang Undang RI Nomor 19 Tahun 2016 tentang ITE.

Kasus ini sebenarnya sempat meredah dan keduanya sepakat untuk berdamai dengan sejumlah persyaratan yang telah disepakati bersama. Namun, sebelum laporan dicabut, kasus kembali memanas karena pihak Marissya menganggap ada sejumlah persyaratan yang telah dilanggar, sehingga laporan pun kembali dilanjutkan.

Tidak Ada Kata Damai

Ditetapkannya Medina sebagai tersangka, disampaikan oleh Kuasa Hukum pihak Marissya, Ahmad Ramzy di hadapan awak media dengan menunjukkan Surat Pemberitahuan Perkembangan Hasil Penyelidikan (SP2HP) dari pihak kepolisian pada hari Rabo (5/1/2022).

Baca juga:  Medina Zein Dianggap Sebarkan Covid, Tuduh Suami Selingkuh Hingga Buka Hijab, Pengalihan Isu?

“Alhamdulillah, hari ini laporan polisi yang kita buat pada tanggal 5 September telah ditingkatkan status terlapor atas nama MS alias MZ dari saksi terlapor menjadi tersangka,” papar Ahmad Ramzy sebagaimana dikutip dari channel YouTube StarStory, Rabu (5/1).

Dengan keluarnya keputusan tersebut, proses hukumpun akan berlanjut. Menurut rencana, Medina Zein akan dipanggil untuk dilakukan penyidikan pada Senin depan.

“Agendanya ke depan penyidik akan melakukan pemanggilan terhadap tersangka yang akan dilakukan pada tanggal 10 Januari 2022,” terang pengacara Marissya Icha.

Terkait tuduhan pencemaran nama baik yang dilakukan Medina terhadap Marissya, Ramzy mengungkapkan bahwa tuduhan tersebut tidak berdasar dan tidak ada faktanya.

“Iya, tuduhannya sangat tidak berdasar dan tidak ada faktanya. Barang buktinya screenshoot media sosial dan tanda bukti kami sudah lakukan pengundangan,” terang Ramzy.

Saat ditanya oleh wartawan kemungkinan untuk berdamai, Pengacara Marissya ini mengungkapkan bahwa pintu damai sudah tertutup bagi Medina Zein.

Hal tersebut disebabkan karena sebelumnya sudah dua kali dilakukan upaya damai lewat mediasi, namun tidak memberikan hasil. Itu sebabnya pihak Marissya sudah tidak bersedia lagi melakukan hal yang sama untuk ketiga kalinya.

Baca juga:  Medina Zein Laporkan Balik Marissya Icha, Mengaku Banyak Mengalami Kerugian

“Nggak ada lagi proses mediasi, karena sudah dua kali kita mediasi dan terakhir mediasi dinyatakan gagal,” ujar Ramzy.

Medina Zein Siap Jalani Proses Hukum

Menanggapi statusnya yang secara resmi ditetapkan sebagai tersangka dan terancam hukuman 4 tahun penjara, Medina Zien mengatakan kalau dirinya siap menjalani proses hukum.

Melalui akun Instagramnya, perempuan dengan nama lengkap Medina Susani Dauvina Zein ini mengungkapkan perasaannya, terkait kasus hukum yang kini tengah menjeratnya.

Dalam tulisannya, Medina mengakui kalau dirinya tidak sempurna serta akan berusaha untuk jadi manusia yang lebih baik lagi. Selain itu, dia berharap agar netizen tidak menghakiminya dengan menuliskan komentar bullying karena dirinya adalah seorang ibu yang tentunya khawatir akan berdampak pada kedua anaknya.

Stop bullying, coz, i’am mother’s of 2 kids (karena saya ibu dua anak). Anak saya yg pertama sudah faham sosial media, jd apapun yg kalian katakan akan mempengaruhi psikis anak saya,” tulis Medina Zein bersama foto unggahannya.

Tolong pengertian nya untuk hal ini ya teman2,” tambah adik ipar dari Ayu Azhari ini.

Baca juga:  Mertua Vanessa Anggel Tolak Pemberian Rumah Mewah dari Medina Zein untuk Gala Sky

Pokoknya saya akan menjalani semua nya sesuai proses yg sudah berjalan.”

Selain berstatus sebagai tersangka atas kasus dugaan pencemaran nama baik, Medina Zein juga berstatus sebagai pelapor untuk kasus yang berbeda namun dengan lawan yang sama yaitu Marissya Icha.

Kasus yang dilaporkannya ke Polrestabes Jakarta Selatan itu adalah kasus penganiayaan terhadap dirinya oleh Marisyya.

“Untuk kasus penganiayaan hasil visumnya sekarang sudah diterima Polrestabes Jakarta  selatan. CCTV-nya sudah ada dan nanti kita buktikan ya, mana yang benar mana yang salah,” kata  Medina Zein beberapa waktu sebelumnya. (*)