Makam Vanessa
Makam Vanessa

Massa Lakukan Aksi Tolak Pemindahan Makam Vanessa Angel, Merasa Tidak Manusiawi

Posted on

Kabar SelebritiMassa orang-orang yang mengatasnamakan Barisan Ksatria Nusantara (BKN) DKI Jakarta membuat demo di sekitar makam Vanessa Angel, yaitu di Taman Pemakaman Islam Malaka, Srengseng, Jakarta Barat pada tanggal 12 Januari 2022.

Aksi demo itu dilakukan karena mereka menolak keras rencana pemindahan makam Ayah mendiang Vanessa Angel, Doddy Sudrajat.

Akan Kawal Terus Sampai Doddy Tidak Jadi Membongkar Makam Vanessa

64808 vanessa angel

Orang-orang ini berjumlah sekitar 30 orang dan melakukan demo pada jam 11:39 di Jalan Swadarma Raya, Srengseng.

Karena aksi itu, terjadi kemacetan di Jalan Swadarma. Kemudian, para pendemo juga membawakan atribut dengan tulisan menolak pemindahan makam Vanessa.

“Kami Tolak Keras Pembongkaran Makam!!” begitulah tulisan di banner yang dibawa para pendemo.

“Pemindahan makam Vanessa merupakan perbuatan yang tak berkeprimanusiaan,” sambung tulisan lainnya.

Ahmad Qias selaku perwakilan dari BKN berkata bahwa aksi ini didasari oleh rencana Doddy Sudrajat yang ingin membongkar makam almarhum Vanessa Angel.

“Kami menyampaikan kalau kami tidak setuju dengan pemindahan makam almarhum Vanessa Angel,” ujar Ahmad Qias pada tanggal 12 Februari 2022.

Baca juga:  Pihak MUI Komentari Oki Setiana Dewi Tentang Normalisasi KDRT Yang Viral

“Menurut kami, pembongkaran makam ini bukanlah masalah pribadi saja, tetapi sudah menjadi hal yang dikonsumsi publik karena pernah viral. Karena itu, kami tidak setuju dengan pembongkaran makam Vanessa yang sudah direncanakan oleh Pak Doddy Sudrajat,” lanjut Ahmad Qias.

Kemudian, ia menambahkan bahwa dalam pandangan agama Islam, pembongkaran makam juga adalah sesuatu yang tidak dibenarkan.

Adapun Undang-Undang tentang proses pemindahan makam.

“Saat bicara soal makam yang dibongkar, itu sudah termasuk jasad di dalam makam tersebut. Di sudut pandang agama, harusnya jasad harus benar-benar dijaga,” ungkap Ahmad Qias.

“Dari sudut pandang kenegaraan, persoalan pemindahan makam Vanessa ini sudah banyak Undang-Undangnya. Pemindahan makam harus dilakukan dengan alasan yang jelas, misalnya jika ada kebutuhan secara forensik atau bencana alam,” tambahnya.

Mewakili orang-orang yang hadir dalam demo, Ahmad Qias akan terus mengawal makam dari almarhum Vanessa Angel dan Bibi Andriansyah supaya Doddy Sudrajat membatalkan rencananya.

“Kami akan mengawal terus (makam) sampai saudara Doddy batal membongkar makam almarhum Vanessa,” tutup Ahmad Qias.

Diketahui bahwa Doddy Sudrajat ingin memindahkan makam Vanessa Angel ke TPU Karet Bivak. Hal ini dilakukannya agar sang putri bisa satu liang lahat dengan mendiang Ibunya, Lucy Maywati.

Tetapi, Faisal selaku Ayah dari Bibi Andriansyah tidak menyetujui rencana Doddy itu.

Baca juga:  Respon Haji Faisal Yang Dibilang Tagih 5 Juta Rupiah Untuk Sesi Wawancara

Gus Miftah Ikut Mengomentari Doddy Sudrajat, Kasihan Dengan Mendiang Vanessa

Ustaz Gus Miftah juga ikut bicara soal rencana pembongkaran makam dari Doddy Sudrajat.

Hal ini diketahui dari salah satu video di kanal YouTube Star Story pada tanggal 11 Februari 2022.

Gus Miftah berkata ada 4 imam mazhab yang menanggap tindakan itu adalah hal yang haram.

“Ada yang bilang ‘Siapa yang mematahkan tulang mayat, sama saja dengan mematahkan tulang manusia yang masih hidup’.” kata Gus Miftah.

“Artinya, saat ada yang memindahkan mayat, bisa menyebabkan retak atau patah tulang karena ketika diangkan dan dipindahkan, kita itu melukai kehormatan jasad itu,” tambah Gus Miftah.

Kemudian, Gus Miftah juga merasa kasihan dengan mendiang Vanessa Angel jika makamnya dipindahkan.

“Jika alasan Doddy itu hanya karena mau dekat dengan keluarga, dengan Bapak, dengan Ibu, dan lain-lain, saya rasa malah kasihan almarhum,” ucap Gus Miftah.

“Ini karena memindahkan jasad itu dapat menodai kehormatannya, bisa juga menunjukkan aib almarhum,” tutur Gus Miftah.

Sang ustad juga memberikan 3 alasan kenapa makam Vanessa boleh dan bisa dipindahkan.

“Ada beberapa pendapat yang memang mengatakan kalau ‘boleh memindahkan mayat tapi karena beberapa syarat’,” ujar Gus Miftah.

“Satu, untuk kemaslahatan mayat itu sendiri, ini diperbolehkan kalau terjadi sesuatu dengan tanahnya, misal berair atau becek tak berhenti-berhenti,” jelasnya.

Baca juga:  Doddy Sudrajat Gelar 40 Harian Vanessa Anggel, Buat Netizen Murka

“Kedua, kalau tanah yang dipakai bukan tanahnya. Misalnya, saat dimakamkan, ternyata itu bukan tanah yang dimaksud, karena itu harus dipindahkan,” terangnya.

“Tiga, demi kemaslahatan umum. Kalau misalnya makam di pinggir jalan dan mengganggu sarana prasarana, makam boleh dipindahkan ke tempat lain,” sambungnya.

Selain 3 alasan itu, Gus Miftah berkata tidak ada alasan lain yang dibenarkan.

Ia juga berkata kalau almarhum Vanessa Angel hanya butuh doa dari para keluarga yang ditinggalkan, bukan memindahkan makamnya.

“Saya rasa mendiang sudah tenang, InsyaAllah dengan semua doa yang diberikan bisa membuat mendiang bahagia di tempat lain,” ujar Gus Miftah.