images 63 8

Alami OCD Ekstrem, Begini Keadaan Aliando Syarief Sekarang

Posted on

Lama tak terdengar kabarnya, ternyata Aliando Syarief mengakui jika dirinya sedang tidak baik-baik saja. Lawan main sinetron Prilly ini mengatakan jika belakangan jiwanya mengalami gangguan. Tidak tanggung-tanggung, pesinetron muda ini mengaku jika mengalami masalah OCD Extreme. Lantas, bagaimana keadaan Ali? 

Dikabarkan Idap OCD Extreme Tertular Dari Orang Lain

Aliando Syarief

Ali atau sapaan akrab dari Aliando Syarief ini memang sudah lama tidak terlihat di layar kaca. Namun, dirinya berhasil live pada hari ini Kamis 27 Januari 2022 dan mengabarkan tentang berita tersebut. Ketika memulai siaran langsung di akun Instagram miliknya, terlihat Ali sedang menggunakan jaket berwarna dominan kuning dan rambut gondrongnya.

 

“Gue sedang kena musibah guys” ucap Ali.

 

“Gue di diagnosis kena OCD, obsessive compulsive disorder gitu guys. Kalo OCD biasa kan masih bisa ngapa-ngapain yah. Ini gue kena OCD Extreme justru gak bisa ngapa-ngapain” lanjutnya.

 

Dan dari curahan Aliando Syarief saat dirinya melakukan siaran langsung tersebut diketahui mengapa dia lama tidak memposting atau tampak lagi di layar kaca. Menurutnya, ini sudah sangat parah. Dimana dia bahkan tidak bisa melakukan apapun seperti aktivitas biasa. Bahkan, Ali juga sempat bercerita di kesempatan yang sama kalau dia bahkan tidak bisa membuang sampah. Ketika dirinya ingin membuang sampah, maka dirinya malah berdelusi. 

 

Sehingga, dirinya harus berada di tempat berantakan namun tetap harus tertata. Berantakan yang tidak beradu satu sama lain. Bahkan, Ali juga sempat menceritakan bagaimana dirinya kerepotan saat memakan kuaci. Ketika makan satu bungkus kuaci saja sampah kuaci tersebut harus berantakan namun tidak boleh saling menempel satu sama lain. Repot pastinya, bukan?

 

Uniknya lagi, pesinetron muda yang lahir tahun 1996 ini mengaku mendapatkan penyakit ini akibat vibes buruk orang lain. Dia mengatakan jika OCD bisa ditularkan melalui orang lain. Bahkan, karena ini dirinya sempat berjuang mati-matian melawan pikirannya sendiri selama hampir 2 tahun. Pasalnya, gejala OCD ini makin intens ia terima ketika masih di tahun 2019 lalu.

 

Bahkan, karena masalah ini Ali harus menunda dan membatalkan project bernyanyinya di akhir 2019 lalu. Aliando Syarief mengaku dirinya terpaksa membatalkan project tersebut karena pikirannya tidak sejalan dengan dirinya sendiri. Dia bahkan memikirkan jika tidak diulangi berkali-kali (project) tersebut maka akan ada yang celaka.

Mengaku Sedari Kecil Mengidap OCD

images 64 9

Pengakuan mengejutkan lainnya tidak hanya karena belakangan dirinya menderita OCD saja. Ternyata Aliando Syarief sudah mengidap masalah ini sedari dia kecil. Namun, menurut Ali ketika dirinya masih kecil tepatnya ketika masih di kelas 2 SD, dirinya masih bisa mengendalikan pikirannya. Sebab, ketika masih kecil pikiran anak-anak terbatas.

 

Jadi, menurutnya tidak masalah ketika dia mengidap OCD dan masih bisa dialihkan ke hal-hal positif. Namun, ketika ia berusia 25 tahun dan beranjak dewasa. Maka, pikiran tersebut makin sulit ia kendalikan. Hingga akhirnya dia di diagnosa mengalami OCD Extreme. Dan tentu saja, masalah ini tidak hanya mengganggu mentalnya saja. Namun, dirinya juga mengalami gangguan karir akibat hal tersebut.

Gejala Awal OCD

images 65 5

Belajar dari salah satu publik figur yakni Aliando Syarief, maka penyakit OCD ini sebenarnya bisa menyerang siapa saja. Jadi, kamu yang merasa sehat sekalipun patut mengenal bagaimana tanda dan gejala awal masalah ini. Agar apa? Agar jika kamu merasa aneh atau ada kerabat, keluarga dan teman dekat yang terkena bisa dicegah sedini mungkin.

 

OCD ini adalah penyakit dimana orang yang terkena akan mengalami gangguan pikiran. Dimana mereka akan memikirkan sesuatu secara berlebihan dan juga diikuti dengan perilaku berulang. Misalnya pikiran Obsesif ini berupa:

 

  • Takut akan kotor, penyakit secara berlebihan. Misalnya akan menghindari berjabat tangan, mendekati orang lain yang terlihat sakit atau melakukan hal-hal secara berlebihan lainnya.
  • Ketakutan untuk melakukan aktivitas yang dirasa bisa mencelakai diri sendiri atau orang lain.
  • Tidak suka jika melihat barang atau benda berantakan. Ingin membuat semua benda tersusun secara rapi dan selaras.

 

Tidak hanya mempengaruhi pikiran saja, mirisnya pelaku penderita OCD juga akan dibarengi dengan perilakunya. Dan jika gangguan seperti ini sudah mengganggu seperti yang dialami oleh Aliando Syarief, maka segera hubungi dokter, ya.(*)