Jeon Mi Do
Jeon Mi Do

Diduga Mengandung Unsur Feminis, KBS Take Down Video Jeon Mi Do “Hospital Playlist”

Posted on

Drakor Terbaru – Di rilis pada 11 Desember 2021, tayangan Yoo Hee Yeol’s Sketchbook episode Jeon Mi Do di take down KBS.  Stasiun TV Korea Selatan KBS belum lama ini menghapus video aktris drama Hospital Playlist, Jeon Mi Do pada salah satu acara mereka. Isu penghapusan video ini terkait dengan tanda ‘feminisme’ yang ditunjukkan Mi Do dalam acara tersebut.

Jeon Mi Do terkenal dalam drama ‘Hospital Playlist’ dengan memerankan sosok Song Hwa. Pada acara Yoo Hee Yeol’s Sketchbook, Mi Do menunjukkan suaranya dengan menyanyikan sebuah lagu. Selama hadir dalam siaran acara milik KBS ini, dirinya muncul bersama MC dan beberapa tamu acara lainnya.

Drakor Hospital Playlist mendapat exposure dan menyita banyak perhatian penonton dan turut menaikkan nama para pemainnya. Salah satu aktris yang terangkat berkat drama ini tak lain adalah Jeon Mi Do, sang pemeran Chae Songhwa. Chae Songhwa dalam drakor tersebut digambarkan sebagai orang yang buta nada alias tidak pandai bernyanyi.

Sebelum Mi Do pun, kontroversi tentang feminis dan antifeminis di Korea sudah pernah terjadi. Korea Selatan dianggap masih memegang teguh nilai tradisional perihal gender ini dimata global. Tak ayal, sedikit saja seleb yang menyinggung isu ini pasti akan heboh.

Baca juga:  Bungee Jumping Jaehyun NCT Batal Tayang, Media Online Korea Berikan Komentar

Selama acara tersebut berlangsung tak nampak adanya hal yang salah. Baik Jeon Mi Do, MC, dan bintang tamu lainnya mengalir begitu saja. Mi Do pun tampil dengan suaranya yang merdu seolah mengisyaratkan karakter berbeda dari drama Hospital Playlist yang dibintanginya.

Belum sampai seminggu penanyangan di platform YouTube, netter heboh karena mendapati video episode Jeon Mi Do hilang dari daftar putar KBS dan tidak ada lagi di platform YouTube. Menurut rumor yang beredar, KBS terpaksa menghapusnya karena menyinggung isu feminisme.

Anggap Hanya Persoalan Jeon Mi Do Sepele, Fans Memprotes Keputusan KBS

Tanda Pro-feminis yang dianggap ditunjukkan oleh Jeon Mi Do adalah gerakan tangannya yang   mengangkat jari telunjuk dan jempolnya seolah memegang sesuatu yang kecil. Fans menganggap hal ini berlebihan dan terlalu menjustifikasi sepihak. Pasalnya, menurut netter gerakan tangan Mi Do di tunjukkan untuk mempejelas ceritanya, bukan simbol feminisme.

Netizen memprotes keputusan KBS ini di komentar YouTube. Mereka ramai menjelaskan bahwa saat itu Jeon Mi Do tengah menjelaskan perihal tone deaf dengan isyarat jari. Namun hal ini malah menimbulkan sentimen di kalangan pro feminis.

Baca juga:  Serial Happiness Tembus Rating, Park Hyung Sik dan Han Hyo Joo Banjir Pujian

Simbol jari seolah mencubit benda kecil itu dianggap gestur kode feminis untuk menggambarkan organ reproduksi laki-laki. Yang mana lebih lanjut gerakan tersebut seolah hinaan kepada kaum adam.  Reaksi keras tak hanya terlontar dari netter Korea, namun fans global juga turut menunjukkan rasa kecewa mereka. Seorang netter menuliskan “Apakah pantas hanya karena thumbnail, video harus di take down? Mengapa tidak ganti saja sampul videonya!.”

Beberapa tahun lau, seorang MC terkenal asal Korsel, JaeJae pun sempat diterpa isu serupa. Saat datang sebagai MC dalam Penghargaan Seni Baeksang, Jae Jae berfoto di depan red carpet sembari makan sepotong cokelat. Gerakan tangannya yang memegang sepotong soklat kecil ini dianggap membuat komunitas laki-laki merasa terhina. Pasalnya simbol tersebut dikaitkan dengan hinaan pada sesama kaum adam.

Terlepas video tersebut yang telah di take down, Jeon Mi Do telah mendapat sangat banyak dukungan atas apa yang terjadi dari para fansnya. Melalui kanal YouTube KBS, fans menyerukan KBS membuat klarifikasi atas insiden ini. Fans berpendapat terlepas dari perannya di drama korea sebelumnya, selama tampil di acara KBS Jeon Mi Do muncul dengan suara emasnya.

Baca juga:  Intip Drama Korea Terbaru yang Diluncurkan Tahun 2022

Bukan suatu hal yang pantas untuk menghapus episode penayangan Jeon Mi Do hanya karena KBS salah memasang thumbnail yang sensitif. Dalam acara, Jeon Mi Do pun sempat membagikan cerita dan pendapatnya tentang kesuksesan Drama Hospital Playlist.

Selain itu, ia juga berdiskusi dengan baik bersama MC Yoo Hee Yeol tentang karirnya. Netter menilai KBS akan salah besar menghapus cerita yang dibagukan Jeon Mi Do dalam acara tersebut hanya karena thumbnail!. Fans masih menunggu klarifikasi dari KBS hingga artikel ini dibuat.