images 51 3

Perkembangan Kasus Penipuan Hafiz Fatur, Irwansyah Rugi Segini!

Posted on

Bak air dan minyak, begitulah sifat Irwansyah dan Hafiz Fatur. Walaupun wajah keduanya tergolong mirip karena memiliki hubungan saudara kandung. Sayangnya, perbedaan keduanya tampak sangat jelas. Apalagi kasus terbaru Hafiz Fatur yang diduga menggelapkan pinjaman atas nama sang kakak, Zaskia Sungkar kakak ipar dan beberapa karyawannya mencuat. Kasus ini bahkan tidak hanya membuat kakak dan kakak iparnya rugi material saja. Namun, juga membuat nama mereka ikut tercoreng. 

 

Kamu pasti penasaran bagaimana mungkin adik kandung Irwansyah ini berulah lagi, bukan? Karena memang sebelumnya dirinya juga dicap sebagai tukang kawin. Setelah sering kawin cerai dan bahkan kabarnya menikah karena MBA alias hamil diluar nikah. Lantas, bagaimana sebenarnya kasus penipuan Hafiz Fatur ini? Simak beberapa fakta kasus terbarunya di bawah ini.

Kegagalan Bisnis dan Penyalahgunaan Nama Karyawan

Hafiz Fatur

Ternyata, adik kandung Irwansyah inu diketahui menjalankan sebuah bisnis namun belakangan diketahui mengalami kegagalan. Dirinya diketahui membangun sebuah bisnis bersama Zaskia, kakak ipar. PT Halal Berkah Indonesia (HBI) ini adalah sebuah bisnis yang mereka bangun dari nol. Namun, sayangnya posisi Zaskia sebagai Komisaris di PT tersebut tidak mengetahui apa yang sudah dilakukan oleh adik iparnya ini. 

Baca juga:  Inventing Anna, Serial Netflix Terbaru Dengan Fakta Mengejutkan

 

Hafiz Fatur yang merupakan Direktur Utama dari HBI ini meminjam uang sebanyak 3,8 miliar di BRI KCP Tegar Beriman, Bogor. Yang lebih mencengangkan lagi, pinjaman ini dilakukan olehnya karena HBI terlilit banyak hutang di mana-mana. Sehingga, pinjaman tersebut diambil oleh Hafiz sendiri.

 

Tidak hanya itu saja yang menjadi pelaku bejat Hafiz. Bahkan, diketahui pinjaman tersebut terjadi tanpa sepengetahuan siapapun termasuk Irwansyah dan Zaskia. Buruknya lagi, pinjaman yang dilakukan oleh Hafiz ini terjadi karena menggunakan data dan nama para karyawan HBI. Ada setidaknya 22 data karyawan yang digunakan untuk melancarkan pinjaman dana tersebut.

Penetapan Menjadi Tersangka

images 52 1

Semenjak kasus ini, akhirnya pihak BRI mencium adanya kejanggalan dari pinjaman yang mengatasnamakan 22 karyawan HBI tersebut. Dan pemeriksaan dilakukan kepada Hafiz. Hingga akhirnya tanggal 29 Oktober 2021 lalu Hafiz ditetapkan sebagai tersangka kasus penggelapan uang. Hanya saja, belum ada penetapan tersangka lain sejauh ini selain dirinya.

Dilaporkan Oleh Kakak Ipar

images 54

Hafiz juga dilaporkan oleh Zaskia karena menganggap merugikan dirinya dan Irwansyah. Banyak aset mereka yang terancam hilang atau disita karena penggelapan uang yang dilakukan oleh Hafiz ini. Tidak tanggung-tanggung, Hafiz sendiri berani menggunakan aset sang kakak sebagai jaminan pinjaman. Dan tentu saja, dilakukan dengan pemalsuan tanda tangan karena Irwansyah maupun Zaskia sendiri tidak sadar jika aset mereka dipakai.

Baca juga:  Inventing Anna, Serial Netflix Terbaru Dengan Fakta Mengejutkan

Masuk Ke Dalam Daftar DPO

202112281059 main

Kamu pasti tahu apa itu DPO, bukan? Ya ini adalah istilah untuk daftar pencarian orang. Yang mana mengatakan siapapun yang namanya tercatat sebagai DPO berarti buronan. Sebab, kejaksaan Bogor sendiri sudah 3 kali memanggil Hafiz namun satu kalipun dirinya tidak pernah hadir. Undangan tersebut ditentukan tanggal 8 November, 15 November dan 16 Desember 2021 lalu loh.

 

Semenjak Hafiz tidak pernah menghadiri sidang panggilan, namanya otomatis masuk ke daftar pencarian orang. Bahkan, Zaskia yang merupakan komisaris di PT HBI juga pernah ditanya tentang kemana kaburnya si Hafiz. Hanya saja Zaskia mengaku tidak tahu menahu tentang apa yang dilakukan oleh adik iparnya ini. 

Kerugian Irwansyah Atas Penipuan Hafiz Fatur

images 55

Sebenarnya, tidak hanya Irwansyah saja yang merasakan kerugian atas hilangnya banyak aset atas namanya. Namun, hal ini juga merugikan Zaskia sang kakak ipar. Sebab, kebanyakan aset yang digunakan oleh Hafiz adalah harta milik mereka berdua. Jadi, bisa dibayangkan betapa kecewanya Zaskia, bukan?

Baca juga:  Inventing Anna, Serial Netflix Terbaru Dengan Fakta Mengejutkan

 

“Irwan habis ketipu total dia jumlahin pokoknya wow. Karena berupa aset dia, mobil aku juga,” ujar Zaskia (28/12/21).

 

Jadi, tidak hanya masalah pinjaman fiktif saja yang menimpa Hafiz Fatur ini. Bahkan penipuan dengan aset Irwansyah diduga menjerat dirinya. Namun, hingga saat ini keberadaan sang adik masih belum diketahui. Tentu saja ancaman hukuman akan menimpanya jika dirinya ditemukan. Sebab, aset milik kakak sudah jatuh ke tangan pihak ketiga atas kelalaian Hafiz. Alasan ini juga yang membuat Irwansyah beserta istri melaporkan tindakan sang adik. (*)

Baca Juga : Yusuf Mansur Menjawab, Best News! Ditanyai Pasal Sedekah