mahalini raharja

Wajahnya Terpampang di New York’s Times Square, Inilah Biodata Mahalini Raharja

Posted on

Mahalini Raharja kembali menorehkan prestasi yang membanggakan usai meraih penghargaan pada ajang Indonesian Music Awards 2021 untuk kategori New Artist of the Year.

Kali ini giliran Spotify yang memilihnya sebagai Spotify  EQUAL Artist untuk bulan Januari. Berkat prestasinya tersebut, wajah cantik Mahalinipun terpampang di billboard New York’s Times Square sebagai representasi Indonesia.

Tidak hanya itu, Single Sisa Rasa yang dilantunkannya juga ditambahkan ke dalam daftar playlist unggulan global EQUAL, berjajar dengan deretan artis wanita dari seluruh penjuru dunia.

Sisa Rasa merupakan lagu yang liriknya dia tulis sendiri untuk mengenang kematian sang ibu pada 8 Juli 2021 yang lalu akibat terpapar COVID-19. Lagu yang dia garap bersama komposer Martinus Tintin ini diproduksi oleh HITS Record.

Mahalini Raharja terpilih sebagai Spotify  EQUAL Artist karena Sisa Rasa berhasil meraih 20 juta views dan diputar sebanyak 15 juta kali hanya dalam tempo 1 bulan semenjak single tersebut diluncurkan.

Tentang Spotify EQUAL

Mengetahui dirinya terpilih sebagai Spotify EQUAL Artist, Mahalini Raharja mengaku terkejut sekaligus terharu karena sebelumnya dia tidak pernah menyangka.

“Kaget dan juga terharu aku bisa terpilih jadi Equal Artist of The Monthnya Spotify. Gak nyangka banget.”

Mahalini berharap penghargaan tersebut tidak hanya dapat menjadi pemicu semangat bagi dirinya dalam berkarya, tapi juga dapat menginspirasi perempuan Indonesia.

“Mudah-mudahan dengan ini aku bisa terus menginspirasi perempuan Indonesia untuk terus berkarya. Jangan pernah takut untuk melangkah, karena yang tau kita, ya diri kita sendiri. Jadi harus tetap semangat!” tuturnya.

Perlu diketahui, Spotify Equal Artist merupakan kampanye equal atau kesetaraan yang diusung Spotify guna mendorong kesetaraan perempuan dalam industri musik. Agar tujuan dari kampanye tersebut dapat tercapai, pihak Spotify membuat playlist EQUAL Lokal di 35 negara yang menjangkau lebih dari 50 negara.

Selain itu Spotify juga menggelar EQUAL Artist of the Month dengan memilih salah satu artis yang ada di setiap negara untuk dijadikan sampul dari playlist lokal di negara masing-masing.

Mereka yang terpilih dalam EQUAL Artist of the Month setiap bulannya akan mendapat bantuan promosi dari Spotify sehingga dapat menambah pertumbuhan pendengar, baik yang ada di dalam maupun di luar negeri.

Terpilihnya Mahalini Raharja, menurut pihak Spotify, selain karena capaian prestasi dari singlenya Sisa Rasa juga karena artis ini dinilai memiliki semangat pantang menyerah. Semangat itulah yang diharapkan dapat menginspirasi wanita untuk dapat meraih prestasi di berbagai bidang.

Biodata Mahalini Raharja

Dilahirkan di Bali, 4 Maret 2000, penyanyi yang juga aktris ini memiliki nama lengkap Ni Luh Ketut Mahalini Ayu Raharja. Dia anak bungsu dari empat bersaudara pasangan I Gede Suraharja dan Ni Nyoman Serini.

Masa kecil Mahalini dihabiskan di Dusun Banjar Aseman Kawan, Tibubeneng, Kuta Utara, Kabupaten Badung. Saat masih duduk di bangku Taman Kanak-Kanak dia menyukai dunia model. Sedang dunia musik mulai dia tekuni semenjak Sekolah Dasar. Awalnya dia tertarik melihat ayahnya yang suka bernyanyi karaoke di rumah. Selanjutnya dia mengikuti kursus vokal saat kelas 5 SD.

Karir Mahalini Raharja sebagai penyanyi dirintis saat kelas 9 SMP dengan menggandeng produser musik Bobby Sandhora untuk merilis single perdananya bertitel Bawa Dia Kembali.

Pada tahun 2015 bersama grup vokal di sekolahnya Mahalini Raharja mengikuti ajang Festival dan Lomba Seni Siswa Nasional (FLS2N) tingkat provinsi dan berhasil meraih juara sehingga mewakili Provinsi Bali pada ajang yang sama di tingkat nasional.

Setahun kemudian dia berhasil memenangkan Lomba Lagu Pop Bali dan Indonesia kategori A (12-16 tahun) yang digelar di Balai Bahasa Provinsi Bali pada 13-14 Februari 2016 serta menjuarai FLS2N Provinsi Bali 2017 untuk kategori solo putri. Sejak saat itu dia selalu dipercaya mengikuti Parade Lagu Bali pada Pesta Kesenian Bali yang digelar sejak tahun 2016 – 2018.

Tahun 2018, dia mencoba mengikuti ajang pencarian bakat Indonesian Idol musim kesembilan. Namun saat audisi dia sudah dinyatakan gugur. Kegagalan tersebut tidak membuatnya patah semangat dan mencobanya lagi setahun kemudian dengan mengikuti audisi yang sama untuk musim kesepuluh.

Dia pun dinyatakan lolos pada audisi yang digelar di Bali dan berlanjut ke audisi yang dilaksanakan di Jakarta sebelum akhirnya meraih Golden Ticket.

Setelah melewati tahap audisi dan menjalani proses karantina, Mahalini Raharja memulai kompetisi selama 4 bulan. Dalam ajang Indonesian Idol musim kesepuluh tersebut dia hanya lolos ke babak final dan menempati posisi lima besar.

Prestasi hingga lolos ke babak final itulah yang membuatnya secara otomatis direkrut oleh perusahaan manajemen artis untuk diberi kesempatan berkarir di dunia hiburan.

Semenjak ditangani perusahaan manajemen artis, sejumlah single telah dia luncurkan, diantaranya berjudul Aku yang Salah yang dia bawakan bersama Nuca, Melawan Restu dan Sisa Rasa.

Single terakhir itulah yang kemudian melambungkan nama Mahalini Raharja lewat penghargaan yang dia raih pada ajang Indonesian Music Awads 2021 dan Spotify EQUAL Artist. (*)