Fico Fachriza

Ditangkap Karena Konsumsi Ganja Sintetis, Ini Dia Biodata Fico Fachriza

Posted on

Fico Fachriza menjadi nama keempat dari kalangan artis yang terseret kasus narkoba di tahun 2022 .

Dia harus berurusan dengan pihak kepolisian setelah ditangkap Polda Metro Jaya pada hari Kamis (13/1/2022).

Sebelumnya ada nama Naufal Samudra, Velline Chu dan Ardhito Pramono yang ditangkap polisi pada dua hari yang lalu, tepatnya Rabu (12/1/2022).

Sama halnya dengan Naufal Samudra, Fico Fachriza ditangkap karena penyalahgunaan narkoba jenis ganja sintetis. Bedanya, Naufal akhirnya dibebaskan karena tidak terbukti, sementara Fico ditetapkan sebagai tersangka, karena ditemukan barang bukti dan dengan hasil tes urine positif.

Penangkapan Fico Fachriza

Komika bertubuh gemuk dengan tampilan layaknya orang bloon ini ditangkap pada Kamis (13/1/2022) pukul 18.15 WIB setelah penyidik memperoleh informasi tentang adanya tindak penyalahgunaan narkotika jenis tembakau sintetis.

Penyidikpun selanjutnya mengembangkan informasi dan melakukan penggeledahan di rumah Fico yang berlokasi di kawasan Rangjapan Baru, Kecamatan Pancoran Mas, Depok.

Setelah melakukan penggeledahan, polisi menemukan barang bukti berupa satu bungkus rokok berisi 1,45 gram tembakau sintetis.

Terkait penangkapan dan ditetapkannya komedian ini sebagai tersangka, Kepala Bidang Hubungan Masyarakat Polda Metro Jaya Komisaris Besar Endra Zulpan membenarkan.

Baca juga:  Meski Telah Berpisah, Hubungan 6 Pasangan Artis Ini Tetap Terjaga

“Ada barang bukti yang cukup dan juga hasil tes urine,” kata Zulpan pada Jumat, 14 Januari 2021.

Atas kasus penyalahgunaan narkotika tersebut, Fico Fachriza dijerat dengan Pasal 112 ayat 1 subsider Pasal 127 ayat 1 Undang-Undang Nomor 35 Tahun 2009 tentang narkotika.

“Pidana penjara minimal 4 tahun dan maksimal 12 tahun,” terang Zulpan.

Roasting Anji Soal Narkoba

Setelah penangkapan Fico Fachriza diketahui oleh publik, akun Instagram milik komika inipun langsung diserbu netizen.

Melalui akun Instagram tersebut dapat diketahui kalau Fico terakhir kali membuat unggahan pada lima hari yanag lalu. Isi unggahannya adalah video reels ketika tampil di program Somasi, pada 9 Januari 2022. Somasi merupakan program turunan podcast milik Deddy Corbuzier.

Dalam video tersebut Fico menyampaikan bahwa salah satu tujuannya belajar open mic adalah agar dapat diundang sebagai bintang tamu di program Hitam Putih Trans 7.

“Pas karier gue naik sampai sekarang turun lagi enggak pernah diundang-undang. Speechnya masih ada acaranya sudah enggak ada,” paparnya menyindir Deddy Corbuzier.

Sikat di Somasi. Sikatlah, biar sejuta. Tolong,” tulis Fico dalam unggahannya.

Baca juga:  Meski Telah Berpisah, Hubungan 6 Pasangan Artis Ini Tetap Terjaga

Selain unggahan terakhirnya, Netizen juga banyak menyoroti unggahan Fico pada 17 November 2021, saat dia berkesempatan me-roasting Anji. Sebagaimana diketahui, Anji sempat terseret kasus narkoba pada 2021 yang lalu dan roastingan Fico berkutat seputar narkotika.

“Aku googling nama aslinya Aji ya, enggak ada N-nya ya. Ini N-nya narkoba bukan yah,” katanya di depan Anji yang disambut oleh penyanyi itu dengan gelak tawa.

Tidak cukup sampai disitu, dia juga meledek Anji yang saat direhabilitasi berada satu kamar dengan Coki Pardede yang juga seorang komika.

“Untung sudah enggak ya, kalau kelamaan sama Coki entar lagunya berubah, “Oh Tuhan, kucinta dia,” kata Fico yang menghubungkan roastingannya dengan lagu Anji yang berjudul Dia.

Biodata Fico Fachriza

Fico Fachriza dilahirkan di Jakarta pada 24 Mei 1994. Dia adalah cucu dari Murad Aidit, yang tidak lain adalah adik dari D.N. Aidit, Ketua Partai Komunis Indonesia.

Fico anak kedua dari tiga bersaudara. Kakaknya yang bernama Rizki Ananta Putra juga seorang komika dan sempat bersaing dengan dirinya pada ajang Stand Up Comedy Indonesia (SUCI) musim ketiga di Kompas TV.

Hanya saja, pada penampilannya yang kedua Rizki harus tereliminasi, sementara Fico terus melaju ke babak 5 besar sebelum akhirnya terpilih sebagai runner up.

Baca juga:  Meski Telah Berpisah, Hubungan 6 Pasangan Artis Ini Tetap Terjaga

Pelawak tunggal dengan nama beken Ficocacola ini selain sering tampil di sejumlah acara televisi dengan joke-jokenya yang lucu, juga pernah bermain dalam sejumlah film.

Sejak tahun 2013 hingga 2020, sebanyak 27 judul film telah dia bintangi. Beberapa diantaranya adalah: Comic 8, Manusia Setengah Salmon, Ngenest, Koala Kumal, Mendadak Kaya, Nikah Yuk, dan beberapa film yang lain.

Kini untuk sementara waktu Fico Fachriza harus menghentikan aktifitasnya di dunia hiburan karena harus menyelesaikan urusannya dengan pihak yang berwajib terkait kasus penyalahgunaan narkoba. (*)