Marissya Icha

Telah Rilis, Ini Alasan Lengkap Kemensos Tolak Pidanakan Marissya Icha

Posted on

Kabar Artis – Artis dan Selebgram Marissya Icha batal dipidanakan atas dugaan penggalangan dana ilegal dalam bentuk rumah untuk Gala Sky yang dilaporkan oleh Doddy Soedrajat. Selebgram dan sahabat Vanessa, Marissya Icha datang ke Kementerian Sosial pada Selasa pagi (11/1/2022) untuk memberikan klarifikasinya atas penggalangan donasi untuk Gala Sky yang dipermasalahkan.

Sebelumnya, Marissya bahkan merasa terkejut atas pemanggilan dirinya oleh Kemensos,”Kaget banget, karena kan yang buat donasi kayak begini bukan hanya aku,” jelas Marissya pada Senin (10/01).

Pertemuan Marissya dengan Kemensos akhirnya digelar secara virtual pada Selasa (11/1/2022) siang. Menurut sahabat mendiang Vanessa Angel tersebut, ia menjelaskan tidak adanya izin yang dibuatnya kepada Kemebsos bukan dengan sengaja mengabaikan peraturan, melainkan sebuah ketidaktahuan.

Pada intinya Kemensos ingin menyampaikan bahwa peraturan Nomor 8 tahun 2001 tentang Pengumpulan Uang dan Barang (PUB) maka untuk kegiatan PUB diperlukan izin lebih dulu dari pejabat yang berwenang,” jelas Marissya Icha kepada wartawan pada Selasa (11/1/2022).

Batal Dipidanakan, Marissya Terbukti Tidak Bersalah, Murni Ketidaktahuan

Marissya Icha
Marissya Icha

Melalui jumpa pers pasca sampaikan klarifikasinya kepada Kemensos, Icha menjelaskan, “Maka dari itu saya disimpulkan bukannya lalai, melainkan tidak mengetahui (peraturan tersebut),”. Menurut Marissya Icha, dalam kaitan donasi ketidaktahuan adanya peraturan wajib izin Kemensos ini juga masih banyak tidak dipahami masyarakat awam seperti dirinya. Oleh karenanya dengan kasus yang ia alami, ia berharap dikemudian hari hal ini bisa menjadi edukasi kepada masyarakat.

Baca juga:  Marissya Icha Kecewa Temu Kemensos Hanya Via Online, Begini Hasil Klarifikasinya

Marissya menambahkan, “Mungkin dengan adanya permasalahan ini bisa menjadi mengedukasi masyarakat, bila mau melakukan donasi harus membuat izin lebih dulu, yang di mana izinnya tidak sulit. Hanya mengisi formulir yang didaftarkan ke Kemensos,” tutup Marissya Icha.

Ahmad Ramzy selaku kuasa hukum Marissya Icha menegaskan pertemuan ia dan kliennya dengan pihak Kemensos berjalan lancar. Tidak ada unsur pidana yang menjerat kliennya karena semua yang dilakukan kliennya dapat dibuktikan dan murni kesalahpahaman.

Jadi tadi sifatnya klarifikasi, Marissya diundang klarifikasi bukan kapasitas pemeriksaan, apalagi ranah pidana, tidak ada itu. Jadi tidak ada unsur-unsur perbuatan pidana di situ, melainkan edukasi dan sosialisasi terhadap peraturan Kemensos, dan disimpulkan bahwa tidak ada keberlanjutan terhadap masalah ini dan sudah clear. Bisa direalisasikan,” jelas Ahmad Ramzy.

Menurut kuasa hukum Icha, kehadiran mereka di Kemensos bukan klarifikasi dalam rangka akan dilakukan laporan pidana, akan tetapi pelaporan ini terjadi lantaran ketidaktahuan Marissya Icha atas peraturan Kemensos terkair donasi. “Jadi tidak ada unsur-unsur perbuatan pidana di situ jadi sifatnya klarifikasi, edukasi dan sosialisasi terhadap peraturan Kementerian Sosial,” jelas Ramzy.

Lebih lanjut ia bahkan menyebut dari pihak Kemensos sangat mengapresiasi langkah Marissya Icha yang menginisiasi dilakukannya donasi untuk Gala Sky.  “Dari pihak Kemensos pun juga mengapresiasi apa yang dilakukan Mbak Marissya dalam mengumpulkan dana untuk adinda kita Gala,” tambahnya.

Baca juga:  Ayah Bibi Andriansyah Murka Karna Merasa Dicurangi Ayah Vanessa Angel

Ramzy menyimpulkan permasalahan izin legalitas donasi Gala ini kini dianggap telah selesai. “Ditegaskan di situ bahwa setelah tadi klarifikasi disimpulkan bahwa tidak ada keberlanjutan terhadap masalah ini dan sudah clear,” pungkas Ramzy.

Sebelumnya, dalam klarifikasi dengan Kemensos, Icha menyampaikan beberapa hal yang dianggap krusial dan berhubungan dengan penggalangan donasi rumah untuk Gala yakni tujuan penggalangan donasi, rekening yang digunakan, hingga berapa jumlah dana yang terkumpul. “Alhamdulillah dari meeting zoom saya dapat jelaskan” jawab Marissya Icha.

Setelah pertemuan dengan Kemensos, Marissya Icha membeberkan hasilnya saat temu wartawan. Icha memastikan bahwa setelah hal ini dikemudian hari rumah Gala yang terkumpul hasil dari donasi secara resmi legal dan tidak akan disita negara.

Menurutnya, pihak Kemensos bahkansama sekali tidak akan itikad melakukan pemidanaan karena sudah mengizinkan apa yang dilakukan Icha. “Setelah itu urusan kami yang beredar tentang Kemensos untuk menarik rumah Gala itu tidak benar,” tegasnya, setelah itu urusan kami yang beredar tentang Kemensos untuk menarik rumah Gala itu tidak benar,” pungkasnya.

Mendapat Sorotan hingga Ibu Susi Pudjiastuti Turut Berkomentar

Marissya Icha Ogah Diajak Damai Medina Zein: Sudah Tersangka Baru Minta  Maaf | MataMata | LINE TODAY

Heboh di awal pelaporan izin donasi rumah Gala oleh Doddy Soedrajat, melalui akun Twitter miliknya @susipudjiastuti, tokoh sekelas Susi Pudjiastuti bahkan memberikan komentarnya.

Baca juga:  Doddy Sudrajat Gelar 40 Harian Vanessa Anggel, Buat Netizen Murka

Pada Sabtu (8/1/2022) lalu, ia sempat me-retweet sebuah postingan berita yang menyinggung soal izin penggalangan donasi rumah Gala yang dianggap tak sesuai aturan.  Disebutkan proses pengumpulan donasi itu tidak mengantongi izin resmi dari Kemensos. Tak selang lama, Bu Susi Pudjiastuti mencuitkan mengapa harus mempertanyakan izin donasi rumah Gala pada Kemensos.

Maaf, kenapa harus izin?” cuit Susi Pudjiastuti. Sontak cuitan ini langsung dibanjiri beragam komentar hal serupa dari netizen. Beberapa netizen membalas cuitan dengan kebingungannya, “Bingung, kita berbuat baik untuk sesama kenapa harus izin Kemensos?” tulis @rankphiliang. “Loh aneh, emang sebelum-sebelumnya semua penggalangan donasi harus ada izin Kemensos semua? Aneh,” tulis @LJY1501098.