Nikita Mirzani
Nikita Mirzani

Hoax Atau Fakta Nikita Mirzani Disebut-sebut Akan Lakukan Tes DNA Untuk Buktikan Cucu Nabi?

Posted on

Dunia Selebriti Indo – Nama Nikita Mirzani mungkin bagi beberapa orang cenderung dikenal dengan berbagai sensasi dan komentar pedasnya. Setelah heboh pembahasan terkait kasus Fuji yaitu adik almarhumah Vanessa Angel, beberapa waktu terakhir ini namanya kembali menjadi pusat pembicaraan terutama para ahli agama.

Membicarakan persoalan agama memang seringkali menyita perhatian khalayak luas karena termasuk opik sensitif. Setelah beredar kabar terkait dengan pengakuan Nikita Mirzani bahwa ia merupakan keturunan Nabi, mulai muncul banyak pro dan kontra dari khalayak.

Setelah itu sempat beredar kabar bahwa artis perempuan satu ini akan melakukan tes DNA untuk membuktikan bahwa yang dikatakannya adalah kebenaran. Apalagi ia mendapatkan banyak penolakan dari khayal terutama jajaran ahli agama baik habib ataupun utama pada umumnya.

Dalam sebuah potongan berita di situs pemberitaan online yang disebarkan di Facebook oleh akun Joana Joana, menjadi sorotan oleh pengguna lainnya. Salah satu warga net menuliskan sebuah komentar pedas “Tes DNA yang dilakukan Nikita Mirzani untuk buktikan cucu Nabi, hasilnya pasti 100% bohong”.

Diduga Hoax dan Hasil Edit Artikel dari Sebuah Media Pemberitaan

Tak Ada Takut-takutnya Tantang Habib Rizieq Tes DNA, Nikita Mirzani Juga  Sesumbar Dirinya Cucu Nabi: Nggak Ada Debat, Nabi Adam! - Semua Halaman -  Suar

Berdasarkan data yang dikeluarkan Turn Back Hoax pada tanggal 2 Februari 2022 menyebutkan jika edaran potongan berita tersebut merupakan Hoax. Hal ini dibuktikan dengan melakukan pengkajian secara lebih menyeluruh terhadap salah satu postingan dari situs pemberitaan online.

Persebaran Hoax saat ini memang kian membahayakan apalagi jika tidak disertai dengan kehati-hatian. Seperti halnya pada kasus Nikita Mirzani ini disebut postingan yang disebarkan di Facebook merupakan hasil editan. Pembuktiannya bukan hanya dilihat sekilas saja melainkan juga penelitian lebih lanjut.

Berdasarkan dari potongan tangkapan layar dari berita yang beredar, saat dilakukan analisis telah terjadi perombakan pada bagian judulnya. Diketahui jika artikel tersebut diambil dari salah satu situs pemberitaan online dirilis pada 15 November 2020 lalu dengan judul asli “Nikita Mirzani Tantang Tes DNA, Buat Buktikan Cucu Nabi”.

Secara garis besar isi di dalamnya membahas tentang pernyataan dari Nikita Mirzani terkait tantangannya kepada orang yang diduga pemberi komentar pada pemaparan sebelumnya. Diketahui bahwa tokoh tersebut adalah HRS atau Habib Rizieq Syihab yang secara terang-terangan menolak pernyataan artis tersebut.

Baca juga:  HEBOH! Suami Mawar AFI Menikah Dengan Baby Sitter Anaknya, Dicurigai Selingkuh?

Nikita Mirzani Membuka Donasi untuk Melakukan Tes DNA

Setelah berita tentang tantangannya melakukan tes DNA untuk membuktikan kebenaran terkait pengakuannya, berdasarkan artikel yang beredar di Facebook artis satu ini disebut-sebut telah membuka donasi. Terkait kebenarannya masih perlu dilakukan serangkaian prosedur pengecekan.

Seperti yang telah dibahas sebelumnya, artikel dari akun Joana Joana merupakan hasil perombakan dari salah satu artikel di media pemberitaan online. Alhasil isinya tidak sesuai dengan judul yang diberikan melainkan membahas seputar pernyataan Nikita Mirzani tantang HRS untuk tes DNA.

Diketahui jika tantangan tersebut juga ditujukan untuk mengetahui apakah HRS benar cucu Rasulullah atau bukan. Tidak hanya itu di dalam artikel juga disinggung terkait pembukaan donasi untuk masyarakat untuk melakukan tes karena dananya terbilang cukup besar.

Disimpulkan Bahwa Tangkapan Layar yang Tersebar di Facebook Adalah Hoax

Berita-berita hoax hingga saat ini terus beredar di internet, untuk itu diperlukan kroscek terlebih dahulu sebelum mempercayainya. Berdasarkan dari serangkaian pengecekan, hasil dari konten dari tangkapan layar yang tersebar di Facebook dipastikan adalah berita hoax.

Narasi yang digunakan masuk ke dalam kategori misleading content atau konten menyesatkan karena antara judul serta bagian isinya saja tidak sesuai. Bisa disimpulkan jika penggunaan judulnya bertujuan untuk menarik para pembaca namun terkait tingkat keakuratan isinya masih dipertanyakan.

Baca juga:  Mewahnya Aurel Hermansyah Rayakan Tujuh Bulan Kehamilannya

Meski masih menjadi salah satu topik pemberitaan yang banyak diangkat, namun masih belum diketahui bagaimana kelanjutan kasusnya. Banyak orang mengaku penasaran dan ingin mendapatkan jawaban validnya, oleh karenanya tidak sedikit masyarakat terjerat pada pemberitaan hoax.

Sbab artikel yang tersebar tanpa izin dengan isi dan judul sangat berbeda, menjadikannya tidak disarankan dijadikan bahan rujukan. Persebaran hoax seperti ini memang semakin marak di masyarakat dan memerlukan pengecekan ulang terkait kebenarannya. Tidak jarang isi di dalamnya bersifat provokasi atau bagian judul terkesan melebih-lebihkan namun isinya kurang sesuai.