images 64 10

Pesan Terakhir Dikomentari Ulama, Dorce Gamalama Berikan Jawaban Ini

Posted on

Ramai tentang penyakit bunda Dorce Gamalama, dikabarkan dirinya tengah sakit parah hingga berikan pesan terakhir. Namun, banyak juga yang mempertanyakan tentang “wasiat” yang diberikan oleh dirinya tersebut. Dimana Dorce kala itu menyatakan jika ingin dikuburkan dan dimandikan layaknya seorang perempuan. Padahal, banyak yang tahu jika dirinya adalah laki-laki. Lantas, bagaimana sebenarnya fakta tentang Dorce yang menuai banyak kontroversi ini?

Gus Mitah Angkat Bicara

images 65 6

Siapa yang tidak kenal dengan Gus Miftah? Salah satu ulama tanah air yang memiliki ciri khas unik ini. Dimana dirinya terlihat lebih sering bercanda dalam memberikan nasehat atau pesan-pesan agama. Karena perilaku yang menyenangkan ini, maka banyak yang menyukai cara Gus Miftah memberikan nasehat atas suatu perkara. Karena Gus Miftah merupakan salah satu ulama ternama tanah air. Maka, banyak yang menanyakan perkara keinginan Dorce ini kepadanya.

 

Seperti tanggapan yang membuat Dorce terlihat kesal. Gus Miftah memberikan keterangan saat ditanyai perkara Dorce yang ingin dimandikan dan dimakamkan ala perempuan di dalam Islam. Namun, Gus Miftah mengatakan jika sebelumnya Dorce adalah laki-laki. Dan, menurutnya lagi alangkah baiknya jika nanti meninggal tetap dimakamkan dan dikafani selayaknya jenazah laki-laki. Sebab, menurut ulama ini, siapapun yang meninggal seharusnya dimakamkan menurut kodratnya masing-masing.

Baca juga:  Dorce Meninggal Dunia Diusia 58 Tahun, Begini Kronologi Lengkapnya

 

Lebih lanjut Gus Miftah juga menjelaskan jika selagi ada waktu untuk kembali bertobat. Maka, siapapun itu, tidak tertutup pengecualian tetap bisa melakukannya. Jadi, pada dasarnya Gus Muftah hanya memberikan penyampaian pendapat dirinya tentang keinginan Dorce yang harus dilakukan secara agama.

Dorce Merasa Tersinggung

Dorce

Rupanya, tanggapan dari Gus Miftah ini diketahui oleh Dorce. Hingga, tak lupa dirinya memberikan klarifikasi atas pernyataan Gus Miftah beberapa waktu lalu tersebut. 

 

“Kepada Kyai, ustaz-ustaz yang telah menerangkan keadaan mati saya, siapa yang akan memandikan saya, siapa yang akan mengubur saya, biarkanlah keluarga saya yang nanti akan mengurusnya” ungkap Dorce dalam unggahan video yang viral di Medsos.

 

“Mau kain kafannya 7 lapis, mau 8 lapis saya serahkan kepada yang mengurus, mau perempuan boleh, laki-laki boleh, jadi siapa saja boleh yang memandikan saya. Jadi kyai-kyai yang sudah terkenal sekalipun, jangan memberikan komentar yang tidak baik, seharusnya anda memberikan pesan dan juga himbauan kepada siapa pun, karena saya juga hanya manusia biasa, yang punya tanggung jawab untuk hidup dan mati kelaknya” lanjut Dorce.

Baca juga:  Idap Penyakit Demensia Alzheimer, Begini Gejala dan Kondisi Bunda Dorce Sekarang

 

Dalam postingan video singkat tersebut terlihat jika ekspresi wajahnya tidak sedang menyukai tanggapan Gus Miftah. Bahkan, dirinya juga menghimbau untuk para ustadz dan ulama tahan air agar memberikan nasehat dengan baik. Jangan sampai ada yang merasa tersinggung sakit hati dan tidak menyukai cara penyampaian pesan tersebut.

Terlahir Sebagai Laki-Laki

images 63 9

Sebenarnya, Dorce adalah salah satu seniman tanah air yang serba bisa. Sayangnya, Dorce kecil sudah mengalami banyak hal buruk. Dorce dilahirkan pada tanggal 21 Juli 1963 sebagai bayi laki-laki. Nama Dorce kala itu adalah Dedi Yuliardi. Semenjak dirinya berusia 3 bulan ibundanya sudah meninggal dunia. Dan, ayahnya pergi meninggalkan dirinya setelah 2 bulan semenjak sepeninggal sang ibu. Bahkan, kisah hidup kelam dirinya ini dituangkan dalam sebuah buku dengan judul “Aku Perempuan: Jalan Berliku Seorang Dorce Gamalama”. Buku ini sudah diterbitkan di tahun 2005.

 

Dorce kecil ketika berumur 7 tahun kala itu sudah merasa jika dirinya terjebak di dalam tubuh yang salah. Namun, dirinya belum memiliki keberanian untuk mengungkapkan hal tersebut secara terbuka. Hal ini juga yang menyebabkan Dorce (Dedi) memiliki lebih banyak teman wanita ketimbang teman pria. Dan, ketika dirinya bermain peran sebagai seorang nenek di drama 17-an. Dirinya mengakui sangat menyukai peran tersebut dan menyukai menggunakan pakaian perempuan. Kala itu, dirinya masih berusia 10 tahun.

Baca juga:  Begini Reaksi Duka Para Artis Yang Mendengar Kabar Dorce Gamalama Meninggal Dunia

 

Dan, tidak lama selanjutnya dirinya bergabung sebagai member band waria dengan nama Fantastic Dolls. Dari sini dirinya mulai fokus mengumpulkan uang. Hingga berhasil melakukan operasi pergantian jenis kelamin. Dirinya mengubah nama menjadi Dorce Ashadi dan menggunakan nama panggung Dorce Gamalama. Dorce resmi mengumumkan menjadi wanita tahun 1986. (*)

Baca Juga : Idap Penyakit Demensia Alzheimer, Begini Gejala dan Kondisi Bunda Dorce Sekarang