Bio One

Diduga Mengidap Gangguan Mental Sejak Kecil, Nama Bio One Baru-baru Ini Menjadi Sorotan

Posted on

Kabar Artis Terbaru – Bio One merupakan salah satu aktor Indonesia yang sudah sering wara-wiri baik di sinetron, film, maupun iklan. Namun beberapa waktu lalu namanya menjadi pusat pembicaraan setelah tersebar fotonya dengan tampilan begitu memprihatinkan karena tubuhnya terlihat sangat kecil.

Namun pihaknya menyebutkan jika turunnya berat badannya bukan disebabkan oleh penyakit parah melainkan ia sengaja melakukan diet agar lebih mirip dengan tokoh dalam film yang akan diperankannya. Selain menurunkan berat badan, Bio One juga menggundul kepalanya dan hanya tersisa sedikit rambut saja.

Sebab tampilannya yang begitu mengejutkan publik, kehidupan pribadinya mulai diungkap. Disebut-sebut aktor dengan nama lengkap Juan Bio Ida Haris ini sejak kecil sudah memiliki masalah kesehatan mental berupa ADHD (Attention Deficit Hyperactivity Disorder) karena menampakkan beberapa gejala.

Masalah kesehatan mental yang dideritanya mulai diketahui saat ia berada di sekolah dasar. Fakta ini dituturkan langsung oleh Bio One sendiri dalam salah satu wawancara, “Ketika di bangku kelas 4 SD, ia berusaha keras agar dapat mengikuti cerdas cermat”.

Muncul Respon Tidak Biasa

1072373 720

ADHD sendiri merupakan masalah kesehatan mental dengan ciri-ciri penderita cenderung impulsif, hiperaktif, dan sulit mendapatkan fokusnya ketika kambuh. Gejala tersebut dialaminya saat masih SD dan meninggalkan traumatik tersendiri dan terus diingat sepanjang hidupnya.

Kejadian yang menurutnya paling meninggalkan bekas berupa rasa malu mendalam dan mentalnya jatuh adalah saat Bio One berusaha menjawab pertanyaan yang dilontarkan. Akan tetapi ternyata sang guru memberikan respon di luar harapan.

Dalam sebuah channel Youtube, Bio One menuturkan jika gurunya mengeluarkan kata-kata yang menurutnya sangat mempengaruhi kesehatan mentalnya. Ungkapan-ungkapan berisi kalimat tidak mengenakkan berupa “Dih apaan sih, caper banget” dan setelah itu ia menunjukan gejala ADHD.

Bio One Kesulitan Memusatkan Perhatian

Setelah kejadian tersebut, Bio One menuturkan jika dirinya menjadi kesulitan untuk berkonstrasi dan sering mencari perhatian. Pada awal-awal kemunculan gejalanya belum disadari oleh kedua orang tuanya bahkan dirinya sendiri. Sebab dinilai perilaku yang ditunjukkannya masih dalam batas wajarnya anak-anak.

Setelah menderita ADHD, sering mendapatkan perlakuan kurang mengenakkan disebabkan perubahan perilakunya yang cenderung sering mencari perhatian dari orang disekitarnya. Bio One mengatakan jika merasa malu dengan kondisinya saat itu.

Bio One menyebutkan “Karena tidak sadar mengidap ADHD, menjadikan sering kehilangan follus dan sering cari perhatian. Namun pada waktu itu gue belum sepenuhnya tahu jika mengalami gangguan kesehatan mental”.

Tidak Mengingat Kapan Tepatnya Kejadian Itu Dialaminya

Ia mengaku jika teman dan gurunya sering memperhatikannya karena menunjukkan sikap berbeda dari lainnya.  Sebenarnya Bio One mengaku kurang begitu jelas mengingat kapan detail kejadiannya. Ia bahkan Menuturkan jika sebenarnya kurang yakin apakah benar terjadi saat kelas 4 SD atau sebelumnya.

Kejadiannya yang sudah cukup lama, membuat ingatannya sudah mulai kabur. Apalagi saat itu kondisi mentalnya sedang tidak stabil sehingga tidak jelas kapan ia mengalami hal buruk tersebut. Di ingatannya hanya tergambar jelas terkait momennya saja sedangkan untuk waktunya sudah lupa.

Kondisi masalah kesehatan mental seperti yang diderita oleh Bio One memang membuat ingatannya kabur karena umumnya mereka akan kehilangan fokus. Setiap tindakannya bisa saja dilakukan di luar kendali dirinya. Wajar jika mereka sering menunjukkan sikap berbeda dari orang normal pada umumnya.

Mulai Tahu Terkena ADHD Pada Usia 15 Tahun

Dalam sebuah wawancara yang dilakukan pada salah satu channel Youtube, Bio One membeberkan  bahwa ia mengidap sebuah masalah kesehatan mental. Tidak bermaksud memperkeruh suasana atau membuka luka lama, salah stau tujuannay adalah meminimalisir kejadian serupa terulang lagi.

Seperti yang disebutkan, aktor tampan ini secara detail tidak dapat mengingat kapan kejadian tepatnya. Ia menuturkan jika ingatannya mulai tertata saat menginjak usia 15 tahun dan pertama kalinya mengetahui bahwa sedang mengidap gangguan mental berupa ADHD.

Mengingat pentingnya menjaga kesehatan mental, kisah dari Bio One diharapkan bisa menjadi pelajaran agar tidak sampai terjadi hal serupa. Meski tidak terlihat, namun efeknya sangat buruk terutama apabila tidak mendapatkan penanganan tepat dan didukung oleh ahli berpengalaman serta berada di lingkungan cenderung toxic.