Velline Chu

Hilangkan Trauma KDRT, Alasan Velline Chu Gunakan Narkoba

Posted on

Velline Chu, itulah nama artis yang ditangkap karena kasus narkoba pada 8/1/2022. Melalui konferensi pers yang digelar di Mapolres Metro Jakarta Selatan pada hari Senin (10/1/2022) identitas asli dari artis tersebut diungkap setelah sebelumnya hanya disebut berinisial VU,

Tidak hanya menyebutkan identitas aslinya, pihak kepolisian juga menghadirkan Velline Chu yang mengenakan tutup kepala sambil terus menundukkan wajah selama konferensi pers berlangsung.

Tertangkapnya pelantun lagu Ratu Begal ini menjadi kasus kedua penyalahgunaan narkoba di kalangan artis dalam satu pekan. Sebelumnya polisi menangkap Naufal Samudra meski akhirnya dibebaskan karena tidak ditemukan barang bukti serta hasil tes urine yang negative.

Penangkapan Velline Chu

Velline Chu digerebeg polisi saat bersama suami kedua pada Sabtu, 8/1/2022 sekitar pukul 22.00 WIB di tempat tinggal mereka yang berada di Perumahan Citra Grand, Jatikarya, Jatisampurna, Kota Bekasi Jawa Barat.

Suami penyanyi dangdut ini memiliki nama Budhi Harianto dengan usia yang lebih muda yakni 34 tahun, sementara Velline berusia 40 tahun.

“Pada hari Sabtu tanggal 8 Januari 2022 sekitar jam 22.00 WIB di perumahan Citra Grand, Bekasi. Diamankan dua tersangka, tersangka pertama adalah Budhi Harianto alias BH dan kedua Velline Chu, mereka pasangan suami istri,” terang Kabid Humas Polda Metro Jaya, Kombes Pol Endra Zulpan dalam konferensi pers.

Saat dilakukan penangkapan, barang bukti yang diamankan pihak kepolisian dari rumah pelaku berupa satu bungkus lip narkoba jenis sabu seberat 0,08 gram, pipet kaca bekas sabu seberat 2,78 gram serta satu bong kaca dan plastik.

Setelah dilakukan tes urine, mereka berdua juga dinyatakan positif telah menggunakan narkotika jenis sabu.

Dalam konferensi pers Zulpan juga menyampaikan, alasan Velline Chu menggunakan narkoba adalah untuk menghilangkan rasa trauma akibat KDRT yang pernah dia alami dari suami pertamanya.

“Alasannya untuk menghilangkan rasa trauma, memang yang bersangkutan mengatakan pernah dulu mengalami kekerasan KDRT dari suaminya, suaminya terdahulu,” terang Zulpan di Mapolres Metro Jakarta Selatan, Jl. Wijaya II, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan.

Atas kasus penyalahgunaan narkoba tersebut, velline dan suaminya dijerat dengan Pasal 112 ayat 1 subsider Pasal 27 ayat 1 juncto 132 ayat 1 Undang Undang Nomor 35 Tahun 2009 tentang Narkotika.

Sedang ancaman hukuman bagi mereka berdua, paling singkat selama 4 tahun dan paling lama 12 tahun penjara.

Biodata Singkat Velline Chu

Memiliki nama asli Kustiningsih, pedangdut ini dilahirkan di Desa Losari Kidul, Kecamatan Losari, Kabupaten Cirebon.

Sejak kelas 5 SD dia sudah menekuni dunia tarik suara. Awalnya dia menyanyikan lagu-lagu dari genre pop dan sempat menarik perhatian Ahmad Dhani sehingga sempat bergabung dengan Republik Cinta Manajemen.

Namun, kebersamaannya dengan Republik Cinta Manajemen hanya berumur setahun. Selanjutnya dia lebih memilih bersolo karir dengan menjadi DJ serta melakukan konser ke sejumlah negara, diantaranya ke Suriname dan China.

Di Suriname dia sempat meluncurkan satu single berbahasa Jawa dengan judul Shake. Setelah itu dia bergabung dalam music label Nagaswara pada tahun 2017. Bersama Nagaswara dia merilis single dangdut remix. Beberapa single yang pernah dia luncurkan diantaranya Begal Cinta, Ketagihan dan Goyang Pantura.

Velline Chu mendapat julukan “Ratu Begal” yang diambil dari judul singlenya Begal Cinta.

“Begal di sini bukan berarti begal mototr ya, tapi singkatan dari benar-benar galau. Karena saat bikin lagu ini, aku lagi galau berat usai cintaku dibegal sahabatku sendiri. Kejadiannya sepulang aku dari Maroko, setelah enam bulan tinggal di sana, aku pulang lalu mereka berdua datangi aku dan bilang bakal menikah,” cerita Velline jauh sebelum dirinya ditangkap karena penyalahgunaan narkotika.

Selain “Ratu Begal”, julukan lain yang disematkan pada Velline Chu adalah “Ratu Ketek”. Hal tersebut disebabkan karena pedangdut ini seringkali memamerkan ketiaknya, baik pada saat sedang live di atas pentas maupun lewat foto-foto yang diposting di media sosial.

Terlepas apapun julukan yang diberikan pada dirinya, saat ini semua tidak ada artinya bagi Velline Chu, karena hari-harinya akan dihabiskan di balik jeruji penjara, setidaknya hingga empat tahun kedepan. (*)