Spiderman

7 Aktor Pemeran Spiderman, Mana yang Terbaik?

Posted on

Film terbaru Spiderman bertajuk “No Way Home” telah tayang di gedung-gedung bioskop sejak 15 Desember 2021 yang lalu. Film produksi Marvel dan Sony Pictures ini tentunya bisa jadi tontonan menarik dalam menyambut tahun baru, karena masih akan diputar hingga satu bulan ke depan.

Dalam film ini dikisahkan tentang krisis besar yang dihadapi Peter Parker karena identitasnya diungkap Mysterio. Itu sebabnya dia meminta bantuan Doctor Stranger agar identitasnya sebagai Spiderman dilupakan oleh dunia. Namun upaya tersebut justru membuat musuh-musuh lamanya kembali muncul.

Tentunya akan menjadi tontonan yang seru saat Spiderman harus kembali bertarung dengan musuh-musuh lamanya, seperti: Green Goblin, Doktor Ock, Thomas Sandman, Lizard serta Electro.

Kali ini tokoh Peter Parker akan kembali diperankan oleh Tom Holland yang sebelumnya sukses memerankan Spiderman dalam film Avengers: Infinity War, Spiderman: Homecoming, Avengers Endgame dan Spiderman: Far From Home.

Tom Holland dipercaya sebagai pemeran Peter Parker sejak tahun 2016. Sebelumnya pemeran manusia laba-laba ini diperankan oleh sejumlah aktor, bahkan salah satunya berasal dari Jepang. Maklum, tokoh komik yang satu ini memang sudah diwujudkan kedalam gambar bergerak sejak tahun 1977.

Para Pemeran Spiderman

Dikutip dari US Magazine, berikut lima nama pemeran tokoh Peter Parker disepanjang sejarah perfilman.

1. Nicholas Hammond

Film manusia laba-laba pertama kali muncul pada tahun 1977 dalam bentuk series TV dengan judul The Amazing Spider-Man. Film serial ini ditayangkan hingga 3 tahun lamanya, tepatnya pada tahun 1977 – 1979. Dalam film ini tokoh Peter Parker dimainkan oleh Nicholas Hammond.

2. Shinji Todo

Film Spider-Man pernah diproduksi di Jepang dalam bentuk TV series pada tahun 1978. Film serial yang diberi judul “Toei’s Supaidaman” ini tayang sebanyak 41 episode selama setahun.

Meski tokoh utamanya sama yakni manusia laba-laba, namun garis besar cerita dari film ini  berbeda dari versi Marvel, karena dibuat ala tayangan tokusatsu Jepang. Bahkan nama tokoh yang berubah menjadi Spider-Man saat mengenakan kostum bukanlah Peter Parker melainkanTakuya Yamashiro yang diperankan Shinji Todo.

3. Tobey Maguire

Sosok Spiderman versi modern diperankan untuk pertama kalinya oleh Tobey Maguire pada tahun 2002. Dia memerankan Peter Parker untuk 3 judul film, masing-masing Spider-Man, Spider-Man 2 dan Spider-Man 3.

Dia dianggap berhasil memerankan sosok lugu berkacamata saat tidak mengenakan kostum, sehingga dijuluki Spider-Man yang sebenarnya. Sebelum kehadiran Holland, Tobey adalah pemeran Peter Parker terbaik yang pernah ada.

Baca juga:  4 Alasan Venom Muncul Di Spiderman No Way Home

4. Andrew Garfield

Aktor ini mendapat kesempatan memerankan tokoh Peter Parker pada 2 film, yaitu: The Amazing Spider-Man dan The Amazing Spider-Man 2.

Wajahnya yang tampan memang menarik perhatian kaum hawa. Begitu pula aktingnya, tidak perlu diragukan. Bahkan dia disebut-sebut sebagai aktor pemeran Spider-Man terbaik.

Hanya saja, Andrew Garfield dinilai banyak kritikus tidak cocok memainkan sosok Peter Parker yang lugu dan kutu buku disebabkan karena wajahnya yang terlalu tampan.

5. Tom Holland

Saat awal kemunculannya sebagai Peter Parker, banyak penilaian negatif yang ditujukan pada Tom Holland. Namun ternyata dia berhasil membuktikan kemampuan aktingnya sebagai sosok yang lugu dan kutu buku.

Tidak heran jika kemudian dia dipercaya menjadi tokoh Spiderman pada sejumlah film, diantaranya: Avengers: Infinity War, Spider-Man: Homecoming, Avengers: Endgame, Spider-Man: Far From Home dan terakhir Spider-Man: No Way Home yang kini tengah tayang di gedung-gedung bioskop.

Holland menurut banyak kritikus menciptakan kesan yang sangat berbeda dari aktor-aktor pemeran Peter Parker sebelumnya. Hal tersebut membuat para penggemar Spiderman merasa tidak mungkin untuk menyandingkan dan membandingkan Holland dengan Tobey Maguire, Andrew Garfield dan pemeran-pemeran Spider-Man lainnya.

Baca juga:  4 Alasan Venom Muncul Di Spiderman No Way Home

Selain kelima aktor di atas, sebenarnya masih ada 2 aktor lainnya yang memainkan tokoh Spider-Man versi modern. Hanya saja kedua aktor tersebut tidak menampakkan wajah karena hanya menjadi penyulih suara pada film Spider-Man: Into the Spider-Verse yang diproduksi tahun 2018.

Kedua aktor tersebut adalah Jake Johnson yang mengisi suara Peter Parker saat merasa lelah dengan kehidupannya serta Shameik Moore yang mengisi suara Spider-Man namun tidak sebagai tokoh Peter Parker melainkan sebagai Miles Morales, seorang remaja polos yang bingung dengan apa yang sebenarnya terjadi.

Diantara para pemeran Spiderman tersebut, menurut Anda siapakah yang terbaik? (*)