film time travel

5 Film Time Travel Terbaik yang Pernah Diproduksi

Posted on

Film time travel merupakan tema dari genre film science fiction yang selalu menarik untuk disaksikan.

Dengan mengusung format fiksi ilmiah yang dihiasi berbagai macam paradoks menjadikan film tentang ‘perjalanan waktu’ diwarnai sejumlah teka-teki yang tidak jarang membingungkan.

Namun justru dengan adanya paradoks yang menciptakan tanda tanya itulah film time travel menjadi berbeda dari film genre lainnya. Itu sebabnya film tentang ‘perjalanan waktu’ kebanyakan cukup berhasil dalam menyedot penonton.

5 Film Time Travel Terbaik

Diantara sekian banyak film tentang ‘perjalanan waktu’ yang pernah diproduksi, inilah 5 film time travel terbaik sebagaimana dikutip dari Paste Magazine.

1. Back to the Future (1985)

Banyak yang berpendapat Back to the Future merupakan film time travel terbaik yang pernah dibuat. Hal tersebut disebabkan karena film ini membawa pengaruh besar bagi film-film bertema perjalanan waktu yang diproduksi di tahun-tahun berikutnya hingga sekarang.

Belum lagi segudang penghargaan yang diraih film yang dirilis pada 3 Juli 1985 ini, salah satu diantaranya adalah Piala Oscar untuk kategori Best Effects dan Sound Effects Editing pada ajang Academy Awards 1986.

Back to the Future disutradarai Robert Zemeckis dengan penulis naskah Zemeckis dan Bob Gale. Film ini bercerita tentang seorang pemuda bernama Marty McFly yang berteman dengan seorang ilmuwan pencipta mesin waktu.bernama Brown.

Dengan menggunakan mesin ciptaan Brown yang diberi nama DeLoran, Marty berpetualang kemasa lalu, tepatnya kembali ke tahun 1955 dan bertemu dengan kedua orangtuanya yang masih remaja.

2. Interstellar (2014)

Film ini digarap sutradara Christopher Nolan dengan sangat serius sehingga dia merasa perlu meminta pendapat dari profesor fisika kuantum Stephen Hawking sebelum proses produksi.

Interstelar bercerita tentang kondisi bumi ditahun 2020 yang sudah tidak layak huni, dan membuat banyak makhluk hidup punah disebabkan wabah penyakit.

Hal tersebut membuat NASA melakukan misi ke luar angkasa dengan tujuan untuk menemukan planet baru yang dapat dipakai sebagai tempat tinggal manusia untuk menggantikan bumi.

Untuk menjalankan misi tersebut, NASA menugaskan sejumlah astronot, diantaranya adalah: Cooper (Matthew McConaughey), Doyle (Wes Bentley), Amelia Brand (Anne Hathaway), dan Romily (David Gyasi).

Keempat astronot itupun selanjutnya meninggalkan keluarga dan orang-orang yang dicintai untuk menjalankan misi disejumlah planet dan galaksi lain,

3. Edge of Tomorrow (2014)

Film time travel berikutnya yang tidak kalah menarik untuk ditonton adalah Edge of Tomorrow.

Film ini diadaptasi dari novel ringan Jepang karya Hiroshi Sakurazaka berjudul All You Need Is Kill dengan tokoh utama Mayor William Cage yang diperankan Tom Cruise.

Edge of Tomorrow berlatar waktu masa depan saat bumi dikuasai alien yang mereka sebut “Mimies”. Untuk mengalahkan “Mimies” seluruh unit militer di dunia dikerahkan dibawah komando United Defense Force (UDF) yang bermarkas di Paris, Prancis.

Mayor William Cage adalah salah satu personil militer yang dikirim UDF dan ditempatkan di  Bandara Heathrow, London. Bersama kelompok tentara J-Squad, dia ditugaskan untuk turun langsung ke lapangan.

Namun naas, dalam pertempuran melawan Mimics, Cage dan J-Squad tewas. Anehnya,    begitu tewas dia kembali terbangun di Bandara Heathrow tanpa mengalami luka-luka sedikitpun. Ternyata, keanehan tersebut terjadi karena cage terjebak dalam pusaran atau loophole waktu.

4. Looper (2012)

Film time travel ini bercerita tentang Joe. Dia adalah seorang pembunuh bayaran terbaik dengan upah besar yang bekerja di bawah sindikat kriminal bernama Looper. Lewat perjalanan waktu mereka datang dari masa depan untuk menghabisi nyawa orang-orang pada masa lalu.

Namun, semua yang awalnya berjalan lancar selanjutnya menjadi persoalan bagi Joe saat dia menyadari yang menjadi target pembunuhan berikutnya adalah dirinya pada masa depan.

Looper menjadi semakin menarik untuk ditonton karena film ini dibintangi oleh aktor—aktor ternama Hollywood seperti Joseph Gordon-Levitt, Bruce Willis, Paul Dano, Emily Blunt dan Piper Perabo.

5. Terminator 2: Judgment Day (1991)

Judment Day yang dibintangi Arnold Schwarzenegger boleh dibilang film time travel yang ringan karena tidak butuh mengernyitkan kening terlalu dalam untuk memahami jalannya cerita. Film ini adalah kelanjutan dari film The Terminator yang rilis tahun 1984.

Judgment Day bercerita tentang upaya Skynet untuk membunuh anak Sarah yang bernama John Connor dengan mengirimkan robot T-1000. Berbeda dengan film The Terminator, T-1000 kali ini dapat berubah bentuk menjadi cair serta bisa mengubah dirinya menjadi bentuk apapun yang diinginkan.

Selebihnya film ini tidak berbeda dengan film pertamanya yakni perlawanan Sarah dan John dalam menghadapi T-1000. Dalam melakukan perlawanan, mereka dibantu oleh Terminator yang dalam film sebelumnya pernah mencoba membunuh Sarah.

Itulah 5 film Time Travel terbaik yang pernah dibuat diantara film-film sejenis yang banyak diproduksi Hollywood. (*)