Tampil Percaya Diri

Ingin Tampil Percaya Diri? Ikuti 4 Tips Haifa Nafisa

Posted on

Tampil percaya diri merupakan salah satu modal untuk meraih keberhasilan dalam bidang apapun.

Haifa Nafisa telah membuktikan. Dulu, dirinya yang semula introvert sulit untuk mengejar sesuatu yang diinginkannya. Namun, setelah memiliki kepercayaan diri, dia berhasil masuk dalam jajaran finalis pada ajang Miss Indonesia 2017. Bahkan kini berprofesi sebagai presenter di salah satu stasiun televisi.

Menyambut audisi Miss Indonesia 2022 yang sudah dibuka sejak 15 Januari yang lalu secara daring, Haifa Nafisa berbagi tips tampil percaya diri kepada mereka yang mengikuti audisi.

Tips ini memang dia khususkan untuk para peserta audisi, namun siapapun dapat mempraktikkannya, terlebih mereka yang memiliki rasa malu, takut serta minder saat berada di depan publik.

4 Tips Tampil Percaya Diri Ala Haifa Nafisa

Berikut empat tips untuk tampil percaya diri yang dibagikan Haifa Nafisa kepada para peserta audisi Miss Indonesia 2022 yang bisa dipelajari dan dipraktikkan dalam kehidupan sehari-hari.

1. Fokus pada Tujuan

Bulatkan hati dan pikiran dengan fokus pada tujuan yang ingin Anda raih. Jangan tergoda oleh apapun juga yang dapat membelokkan tujuan tersebut. Dengan fokus pada tujuan akan membuat Anda dapat tampil percaya diri dalam situasi dan kondisi apapun yang terkait dengan tujuan tersebut.

“Jika tujuannya ingin mengikuti Miss Indonesia, fokus saja ke sana, kemudian nikmati prosesnya, baik yang menyenangkan, menegangkan, bikin capek, sebal dan sebagainya. Proses itulah yang nantinya akan menjadi momen tak terlupakan dadn hanya terjadi sekali dalam seumur hidup,” kata Haifa.

2. Hadapi Rasa Takut

Jangan pernah lari dari rasa takut karena ketakutan tidak akan pernah bisa diatasi dengan cara bersembunyi. Cara terbaik untuk mengatasi ketakutan adalah dengan menghadapi rasa takut tersebut.

Seringkali rasa takut disebabkan oleh bayang-bayang kita sendiri, oleh prasangka kita terhadap orang lain yang belum tentu kebenarannya. Tidak jarang pula rasa takut tersebut disebabkan karena ketidaktahuan kita akan sesuatu. Untuk itu, agar rasa takut teratasi caranya adalah dengan menghadapinya agar kita tahu sesuatu yang kita takutkan tersebut.

“Buat yang mau ikutan Miss Indonesia, tentunya ada yang merasa takut dan cemas, seperti merasa kurang cantik, kurang tinggi, kurang pintar dan sebagainya. Hal itu merupakan ssesuatu yang wajar. Agar bisa tampil percaya diri, hadapi ketakutan tersebut. Coba saja. Karena kita nggak pernah tahu apa nanti yang akan terjadi dan bagaimana hasilnya sebelum kita coba,” ujar perempuan berusia 26 tahun ini.

3. Perbanyak Pengetahuan dan Wawasan

Untuk memberi gambaran tentang pentingnya membekali diri dengan pengetahuan dan wawasan, Haifa memberi gambaran seseorang yang akan menyelam ke dalam lautan.

“Kalau mau nyelam ke dalam lautan, tentunya nggak asal nyelam begitu saja, tapi harus bawa peralatan selam. Ini berlaku juga buat yang mau ikutan audisi Miss Indonesia atau yang ingin jadi presenter. Jadi, sebelum masuk ke satu bidang, kita perlu mempersiapkan diri sebaik-baiknya. Caranya dengan menambah pengetahuan dan wawasan, apa sih yang kita butuhkan untuk ikut audisi Miss Indonesia.”

Dengan memiliki perbendaharaan pengetahuan dan wawasan yang luas terutama untuk sesuatu yang kita tuju, maka kita akan dapat tampil percaya diri, karena kita tahu betul apa yang akan kita tuju.

4. Jangan Takut Salah

“Siapapun pasti pernah berbuat salah karena tidak ada satu orangpun di dunia ini yang  sempurna”. Pendapat tersebut perlu kita camkan agar kita tidak pernah ragu dalam bertindak. Terlebih setiap kesalahan dapat diperbaiki..

Justru dengan belajar dari kesalahan itulah kita akan dapat memperbaiki diri untuk menjadi lebih baik dan dapat tampil percaya diri. Kesalahan yang pernah kita perbuat akan menjadi pengalaman yang berharga dan pengalaman adalah guru yang terbaik.

“Jangan pernah takut salah. Semakin banyak kita melakukan kesalahan maka akan semakin banyak pula peningkatan yang kita peroleh,” saran Haifa.

Itulah 4 tips yang dibagikan Haifa Nafisa kepada mereka yang mengikuti audisi Miss Indonesia 2022. Tips untuk dapat tampil percaya diri tersebut layak pula untuk kita pelajari dan kita praktikkan dalam kehidupan sehari-hari, karena tampil percaya diri tidak hanya dibutuhkan pada ajang kontes kecantikan saja tapi juga dibutuhkan dalam berbagai aspek kehidupan. (*)