Iwan Fals, Reza Rahadian dan Masha Timothy

3 Fakta Seputar Single Terbaru Iwan Fals

Posted on

Iwan Fals, musisi legendaris tanah air mengeluarkan single terbarunya bertajuk “Patah” di tengah lesunya dunia musik di Indonesia.

Video klip dari lagu Patah yang mengusung konsep film pendek tersebut sejak 6 Desember 2021 sudah dapat dinikmati di berbagai platform musik digital.

Tentunya banyak hal yang menarik dari peluncuran single terbaru tersebut, karena segala sesuatu yang terkait dengan Iwan Fals selalu mengundang perhatian publik.

Berikut 3 fakta menarik seputar single terbaru yang bertajuk “Patah”:

1. Diambil dari Album Iwan Fals ke-42

Patah bukanlah lagu baru, karena lagu ini terdapat pada album ke-42 Iwan  bertajuk “Aku Pun” yang diluncurkan pada Jumat siang, 3 September 2021, bertepatan dengan peringatan hari ulang tahun Iwan ke-60.

Berbeda dengan album-album Iwan sebelumnya, “Aku Pun” menurut Iwan merupakan album yang spesial, karena selain dipersiapkan dalam waktu yang relatif singkat, dalam album ini Iwan juga melibatkan orang-orang terdekatnya.

“Album ini personal banget, Alhamdulillah, Raya terlibat di drum dan Cikal jadi produser. Kisah-kisah pada album ini merupakan penggalan cerita saya. Saya menyerahkannya ke Cikal untuk dipilih. Jadi album ini jadi pengingat, saya tidak bisa lari dari diri saya, ini seperti saya sedang bercermin,” tutur Iwan sebagaimana dikutip dari CNN Indonesia.

Album “Aku Pun” sendiri merupakan perpaduan dari lagu-lagu lama dan lagu-lagu baru yang terdiri atas 12 lagu, yaitu: Pun, Selamat, Sebuah Genteng, Kata Siapa Cinta Itu Menyakitkan?, Bunga Kayu, Kabar Aroma Tanah, Penghibur Hati, Untukmu, Patah, 16/01, Merah Putih dan Aku.

2. Diciptakan oleh Pengagum Iwan Fals

Lagu “Patah” diciptakan oleh Enda salah satu personil dari Band Ungu. Sedang yang menggarap aransemen musiknya adalah Pay Burman dan yang menjadi produser adalah putri kandung Iwan: Cikal Rambu Bassae dibantu Lafa Pratomo.

Bertutur tentang substansi lagunya menurut Enda lagu tersebut merupakan pernyataan bahwa patah hati yang sebenarnya itu adalah bersama dalam kebimbangan.

Sedang menurut Iwan, “(Lagu patah itu) Enggak melulu tentang putus cinta tapi patah tentang banyak hal,”. Itu sebabnya Iwan berpendapat bahwa makna dari lagu “Patah” sangat dekat dengan kehidupan banyak orang.

Enda sendiri sebagai pencipta lagu adalah pengagum berat Iwan. Konon di kampung Enda dulu kalau ada yang tidak hafal lagu Iwan Fals maka akan diusir dari tongkrongan.

“Iwan Fals itu idola saya. Idola yang tak tergantikan. Nggak ada yang bisa ngalahin dia. Berkolaborasi dengan dia rasanya seperti berada dalam mimpi,” tutur Enda tentang idolanya.

3. Video Klip dengan Konsep Film Pendek

Meski bukan sesuatu yang baru, video klip lagu “Patah” yang digarap dengan konsep film pendek disertai beberapa dialog menjadi daya tarik tersendiri karena mampu menterjemahkan substansi dari lirik lagu.

Film pendek yang melatari lagu ini digarap oleh Miura Films yang menunjuk Gianni Fajri sebagai sutradara. Sedang para pemeran tokohnya adalah Reza Rahadian yang berperan sebagai Jaka dan Marsha Timothy yang berperan sebagai Aruna.

Kisah dari film pendek yang melatari lagu “Patah” ini bercerita tentang konflik domestik dalam kehidupan rumah tangga terkait peran istri dan perempuan.

Kesempatan untuk membintangi video klip dari lagu Iwan bagi kedua pemerannya menjadi kebanggaan tersendiri. Karena itu begitu  ditawari mereka langsung mengiyakan tanpa harus berpikir panjang.

“Mendengar nama Om Iwan Fals, langsung iya,” ungkap Reza Rahadian pada Senin (6/12/2021) di Plaza Senayan, Jakarta Selatan.

Pernyataan yang serupa juga disampaikan istri Vino G Bastian, Marsha Timothy. Dia merasa beruntung mendapat kesempatan bekerja sama untuk pertama kalinya dengan suami dari Rosanna ini.

“Iwan Fals itu fenomenal,” kata Marsha.

Permainan kedua aktor dan aktris tersebut cukup berhasil dalam memberikan emosi terhadap lagu “Patah” sebagaimana yang diinginkan sutradara. Mereka juga dapat dengan mudah membangun chemistry karena sebelumnya mereka pernah bekerjasama.

Itu sebabnya Iwan Fals mengapresiasi permainan dari kedua aktor dan aktris tersebut. “Reza sama Marsha bisa masuk ke peran Jaka dan Aruna, itu yang bikin saya senang,” tutur Iwan. (*)